Sudah Setahun Menjabat, Masih Ada Warga yang Belum Tahu Oded Wali Kota Bandung

etahun menjadi Wali Kota Bandung, Oded M Danial ternyata belum dikenal secara menyeluruh sebagai pemimpin di Kota Bandung. Berdasarkan hasil survei yang dirilis Indonesian Politic Research and Consulting (IPRC) yang dilakukan terhadap 440 responden dengan berbagai kalangan, 19% di antaranya tidak mengetahui Oded adalah Wali Kota Bandung, 74,3% mengetahui dan 5,7% masih menganggap Ridwan Kamil masih Wali Kota Bandung dan 0,2% tidak menjawab.
Dea Andriyawan
Dea Andriyawan - Bisnis.com 30 September 2019  |  17:26 WIB
Sudah Setahun Menjabat, Masih Ada Warga yang Belum Tahu Oded Wali Kota Bandung
Wali Kota Bandung Oded M Danial - Bisnis/Dea Andriyawan

Bisnis.com, BANDUNG -- Setahun menjadi Wali Kota Bandung, Oded M Danial ternyata belum dikenal secara menyeluruh sebagai pemimpin di Kota Bandung. Berdasarkan hasil survei yang dirilis Indonesian Politic Research and Consulting (IPRC) yang dilakukan terhadap 440 responden dengan berbagai kalangan, 19% di antaranya tidak mengetahui Oded adalah Wali Kota Bandung, 74,3% mengetahui dan 5,7% masih menganggap Ridwan Kamil masih Wali Kota Bandung dan 0,2% tidak menjawab.

Direktur Eksekutif IPRC, Firman Manan menilai masih adanya warga Bandung yang tidak mengetahui Oded sebagai Wali Kota Bandung adalah buntut dari kurang munculna Oded di media massa maupun media sosial.

"Sebetulnya enggak terlalu jelek juga ya di angka 74%, tapi kan dia sudah menjabat enam tahun sebagai wakil wali kota dan wali kota. Ini juga dipengaruhi sorotan media, ketika pejabat publik kurang muncul ada sebagian warga yang tidak mengenal," ujarnya Firman di Bandung, Senin (30/9).

Oleh karena itu, seharusnya Oded sudah bisa melakukan langkah untuk mengenalkan diri kepada seluruh masyarakat Kota Bandung bahwa dirinya adalah Wali Kota Bandung yang akan memimpin Kota Bandung dalam lima tahun kedepan. Caranya, bisa dengan sering muncul di media untuk menjawab permasalahan kota ataupun aktif di sosial media menginformasikan perkembangan pembangunan di Kota Bandung.

"Popularitas itu ditentukan oleh banyak tidaknya muncul di media, ini persoalan komunikasi. Media juga sekarang tidak didominasi media mainstream, tapi juga media sosial. Kelihatannya Mang Oded sebagai walikota memang masih kurang memanfaatkan medsos," ujarnya.

Sementara itu, menanggapi hasil survei yang masih menganggap Ridwan Kamil sebagai Wali Kota Bandung menurut Firman adalah sesuatu yang menarik. Angka itu juga menunjukan bahwa Ridwan memiliki tingkat popularitas yang sangat tinggi saat dirinya masih menjabat sebagai walikota.

"Hal yang menarik justru 5,7% warga menganggap Ridwan Kamil masih mejabat Walikota Bandung. Kelihatannya karena Emil begitu populer ketika menjabat sebagai wali kota sehingga masih ada yang menganggap dia demikian," ungkapnya. (k34)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
pemkot bandung

Editor : Ajijah

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top