Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Revitalisasi Ruang Publik Gedung Sate Dimulai

Pemerintah Provinsi Jawa Barat segera memulai revitalisasi areal publik Gedung Sate, Bandung.
Gedung Sate Bandung/Antara
Gedung Sate Bandung/Antara

Bisnis.com, BANDUNG—Pemerintah Provinsi Jawa Barat segera memulai revitalisasi areal publik Gedung Sate, Bandung.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan kawasan Gedung Sate akan dijadikan wisata sejarah yang terbuka untuk masyarakat secara leluasa pada akhir pekan.

"Kalau Gedung Sate sedang persiapan di renovasi kecil-kecilan dan menyiapkan gedung sate sebagai wisata sejarah mulai tahun 2020. Itu sedang dikonsepkan nanti ada tour guide, pokoknya akan dibikin semaksimal mungkin," ujarnya di Gedung Sate, Bandung, Senin (30/9/2019).

Menurutnya setelah renovasi selesai masyarakat bisa secara langsung melihat kondisi area dalam Gedung Sate yang bakal dipenuhi galeri foto atau karya seni dari 27 kota kabupaten di Jabar.

"Jadi orang bisa masuk di weekend ke Gedung Sate, ke dalam melihat galeri foto di dalam silakan. Nanti kita akan perbanyak koleksi seni ya seperti Istana Negara ada lukisan ada apa lah, nanti lukisannya dari 27 daerah di Jabar," paparnya.

Dia memastikan keputusan itu dibuat atas masukan masyarakat yang ia terima. Meski sudah ada museum Gedung Sate, ia mengatakan masyarakat ingin lebih mengeksplorasi Gedung Sate secara langsung dan leluasa.

"Enggak masalah, Karena Gedung Sate kan bukan hanya lihat museumnya, kan orang pengen foto-foto di lobi kan bisa-bisa saja. Itu masukan rakyat, dari dulu pengen masuk ke gedung sate bisa leluasa bukan hanya di halamannya saja. Nanti pola pengamanan juga akan dikoreksi," jelasnya.

Pemerintah Provinsi Jawa Barat sendiri sudah menganggarkan dana Rp 18 miliar untuk memperbaiki taman depan dan belakang Gedung Sate.

Pantauan bisnis areal belakang termasuk kantin saat ini sudah dikosongkan dan dialihkan ke kawasan parkir motor di belakang Masjid Gedung Sate.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper