Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemkot Bandung Raup PAD Sektor Pariwisata Rp700 Miliar Setahun

Pemerintah Kota Bandung sukses meraup hampir Rp700 miliar setiap tahun dari sektor pariwisata. Hal tersebut didapat dari 7 juta wisatawan yang berkunjung ke Kota Kembang setiap tahunnya.
Sekda Kota Bandung Ema Sumarna/Bisnis-Dea Andriyawan
Sekda Kota Bandung Ema Sumarna/Bisnis-Dea Andriyawan

Bisnis.com, BANDUNG — Pemerintah Kota Bandung sukses meraup hampir Rp700 miliar setiap tahun dari sektor pariwisata. Hal tersebut didapat dari 7 juta wisatawan yang berkunjung ke Kota Kembang setiap tahunnya.

Sekretaris Daerah Kota Bandung, Ema Sumarna mengatakan dukungan pemerintah dalam sektor pariwisata akan terus ditingkatkan. Hal tersebut direalisasikan dengan peningkatan kualitas dan kuantitas infrastruktur, serta penambahan atraksi baru yang setiap tahun dihadirkan di Kota Bandung.

"Maka, kita akan terus tingkatkan layanan kepada wisatawan, salah satunya adalah mendorong percepatan pembangunan infrastruktur," ujar Sekretaris Daerah Kota Bandung, Ema Sumarna, Senin (30/9).

Meski demikian, Ema mengaku hal yang kerap dikeluhkan wisatawan saat berwisata di Kota Bandung adalah masalah lalu lintas. Sehingga saat ini pihak terus menggenjot sejumlah infrastruktur penunjang lalu lintas di Kota Bandung.

"Tapi kita terus berupaya untuk meningkatkan daya dukung infrastruktur. Tahun ini kita sudah ground breaking 2 fly over di Jalan Jakarta dan Jalan Laswi. Tahun 2022 kita juga berencana untuk membangun fly over tambahan," imbuhnya.

Dukungan lain untuk sektor wisata adalah kota yang kondusif. Situasi keamanan dan ketertiban lingkungan menjadi penentu kenyamanan warga maupun wisatawan yang harus terjaga dengan baik.

"Alhamdulillah itu juga terus yang kita jaga. Meskipun akhir-akhir ini kondisi NKRI sedang kurang baik, tetapi di Bandung situasi masih dapat terkontrol berkat bantuan seluruh pihak dan masyarakat juga," tutur Ema.

Sementara tu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung Dewi Kaniasari mengatakan, kesadaran wisata merupakan tugas semua warga Kota Bandung.

"Itu adalah kampanye untuk meningkatkan sadar wisata kepada masyarakat. Karena wisata ini tidak hanya milik pemerintah tetapi juga harus didukung oleh masyarakat," ujar Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung Dewi Kaniasari.

Kampanye tersebut juga dilakukan agar seluruh warga turut mendukung kotanya untuk menjadi kota yang ramah bagi wisatawan. Kampanye ini melibatkan para kelompok penggerak pariwisata dan pengusaha industri wisata di Kota Bandung.

"Kami telah memiliki Rencana Kerja dan Rencana aksi untuk menjadikan Bandung kota ramah wisata. Ini melibatkan seluruh stakeholder dan unit kerja di Kota Bandung," bebernya. (K34)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper