Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mahasiswa Minta Ridwan Kamil Berjuang Bersama

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menemui para mahasiswa dan pelajar di depan Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Sabtu (28/9/19) malam. Dialog antara Gubernur dengan para pendemo digelar dalam suasana kondusif.
Bisnis.com,BANDUNG—Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menemui para mahasiswa dan pelajar di depan Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Sabtu (28/9/19) malam. Dialog antara Gubernur dengan para pendemo digelar dalam suasana kondusif.

Sebelum berdialog, dua perwakilan pendemo memberikan bendera merah putih kepada Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, sambil diiringi lagu Tanah Airku. Kemudian secara bergantian mereka pun menyampaikan aspirasinya kepada Emil yang didampingi Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Rudy Sufahriadi, Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Tri Soewandono, serta para pejabat Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat.

Salah satu perwakilan pendemo mengatakan, bahwa aksi unjuk rasa yang dilakukan beberapa hari belakangan ini merupakan gerakan penolakan terhadap Rancangan Undang-Undang (RUU) yang dinilai bermasalah, yakni RUU KUHP, RUU Pertanahan, RUU Minerba, RUU Pemasyarakatan, RUU Ketenagakerjaan, RUU Pembentukan Undang-Undang, dan UU KPK hasil revisi.

“Gerakan ini adalah gerakan penolakan terhadap RUU-RUU yang bermasalah. RUU yang saya maksud termasuk RUU KUHP, RUU Pertanahan, RUU Minerba, RUU Ketenagakerjaan, RUU Pemasyarakatan, dan RUU Pembentukan Undang-Undang,” ujar salah saorang perwakilan mahasiswa.

“Dan Undang-Undang yang tidak kita sepakati adalah Undang-Undang KPK. Karena kita anggap undang-undang itu (UU KPK hasil revisi) membuat KPK sama sekali tidak menjadi institusi yang independen,” lanjutnya.

Selain itu, para pendemo mendorong juga agar Gubernur Jawa Barat ikut berjuang bersama melalui jalurnya masing-masing, serta menuntut agar RUU PKS (Penghapusan Kekerasan Seksual) segera disahkan.

“Selanjutnya kami ingin mendorong kepada Bapak Gubernur untuk ikut berjuang bersama kita melalui jalur masing-masing. Kalau kami mahasiswa melalui jalur jalanan, silakan Bapak melalui jalur kuasa, termasuk memperjuangkan RUU PKS untuk segera disahkan,” ungkapnya.

Perwakilan pendemo lainnya, meminta agar ada penyelidikan atas korban berjatuhan termasuk mahasiswa yang tewas. Menurutnya, aksi yang mereka lakukan sebagai dampak dari keresahan akar rumput karena beberapa RUU tersebut.

“Kawan-kawan kami ada yang meninggal, kejadian ini pelanggaran besar HAM. Alangkah indahnya ketika pemerintah mengusut tuntas kejadian ini,” tuturnya.

“Harus ada jaminan tidak ada intimidasi dan tidak akan ada jatuh korban. Aksi ini akibat dari keresahan akar rumput Jawa Barat,” tambah salah satu perwakilan pendemo lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper