Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Besok, Ridwan Kamil Kumpulkan Kepala Daerah Bahas Rute Tol Cigatas

Ridwan Kamil/Bisnis-Wisnu Wage
Ridwan Kamil/Bisnis-Wisnu Wage
Bisnis.com,BANDUNG—Rencana pembangunan tol Cigatas mulai digulirkan kembali oleh Pemprov Jawa Barat.
Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan pihaknya akan mengundang seluruh bupati/wali kota yang terlewati jalur Tol Cigatas seperti Bupati Bandung, Garut, Tasikmalaya dan Wali Kota Tasikmalaya serta Wali Kota Bandung menggelar rapat khusus.
“Besok [Selasa] mau saya rapatkan tol Cigatas. Saya undang semua kepala daerah,” katanya di Gedung Sate, Bandung, Senin (23/9/2019).
Menurutnya rapat akan membahas lagi alternatif rute yang akan dilalui tol yang rencananya tersambung dengan Cilacap tersebut. “Kami akan membahas lagi rute-rutenya,” ujarnya.
Proyek tol Cigatas memang membutuhkan kajian ulang rute. Seperti diberitakan Bisnis, 
Pemrakarsa jalan tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap akan mengkaji ulang rute tersebut agar bisa kembali ditenderkan oleh Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT).

Direktur PT Jasa Sarana Dyah SH Wahjusari mengatakan proyek yang diprakarsai PT Jasa Marga, PT PP, PT DMT dan PT Jasa Sarana tersebut harus dikaji ulang atas dasar permintaan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). “Kita lagi kaji ulang, jadi kemarin sudah dikaji. Tapi kita diminta pemerintah (diubah) yang ke arah selatan (rute) Garut itu,” katanya di Bandung, Senin (15/7/2019) sore.

Menurutnya rute tol yang masih disebut Cigatas ini awalnya akan melintasi Garut bagian  tengah, namun pemerintah berharap tol ini bisa mengakomodasi kegiatan di Garut bagian selatan yang masih minim akses tol. “Jadi kita coba review kajian lagi. Insyallah akhir tahun ini bisa ditenderkan lagi,” ujarnya.

Keputusan mengkaji rute baru ini menuntut pihak pemrakarsa kembali memperbaharui pengajuan penentuan lokasi ke Kementerian. Dyah mengaku perubahan ini cukup menantang karena kondisi geografis Garut bagian tengah. 

“Memang di selatan itu lokasinya agak berlembah, gunung gitu, jadi kita sedang kaji lagi. Nanti kita akan ajukan lagi ke PUPR,” tuturnya.

Menurutnya dengan mengambil rute ke tengah maka tol tersebut nantinya akan langsung melewati Pusat Kota Garut. Meski dari segi kondisi geografis berat, termasuk menambah panjang ruas tol tersebut pihaknya memastikan rute baru ini akan serius dikaji.

“Mungkin akternatifnya kalau tidak memungkinkan ke tengah, nanti ada akses Jalan. Tapi kita akan kaji lagi lah. Kita lagi review untuk mengakomodir keinginan pemerintah pusat dan daerah,” paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper