Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jika tak Terganjal Tol Becakayu, Revitalisasi Kalimalang Bisa Lebih Cepat

Rencana groundbreaking revitalisasi Kalimalang, Kota Bekasi mundur dari jadwal Selasa (24/9/2019) menjadi Rabu (25/9/2019).
Revitalisasi Kalimalang Bekasi/Istimewa
Revitalisasi Kalimalang Bekasi/Istimewa

Bisnis.com, BANDUNG—Rencana groundbreaking revitalisasi Kalimalang, Kota Bekasi mundur dari jadwal Selasa (24/9/2019) menjadi Rabu (25/9/2019).

Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan groundbreaking Kalimalang yang akan berbarengan dengan groundbreaking Situ Ciburuy, Bandung Barat; Waduk Darma, Kuningan; dan Rawakalong Depok tersebut akan digelar lusa.

“Rabu groundbreaking Kalimalang,” ujarnya di Gedung Sate, Bandung, Senin (23/9/2019).

Menurutnya tahap awal revitalisasi yang didesain akan mirip sungai di Korea Selatan tersebut akan dimulai di sisi utara Kalimalang. Dia mengaku groundbreaking proyek yang sudah ia gadang-gadang sejak awal menjabat gubernur tersebut sempat terkendala teknis di lapangan.

“Karena ada dinamika dengan Tol Becakayu kalau kemarin gak ada dinamika udah cepet. Tapi gak apa-apa yang penting mimpi dimulai perhatian diberikan, ngereyeuh [bertahap] dengan saya mah semua indah pada waktunya,” katanya.

Rencananya akan ada empat zona yang akan dibangun terkait penataan Kalimalang sepanjang lima kilometer yakni, zona edukatif, ekologi, selebrasi, dan komersil. Zona yang dibangun terlebih dahulu adalah zona selebrasi yang dibangun Pemerintah Pusat di sekitar Giant Mega Bekasi dan zona edukatif.

Untuk revitalisasi Sungai Kalimalang, akan dilakukan pembangunan untuk bagian luar badan air pada 2019, seperti taman, jalan setapak, monumen, dan tiang bendera. Sedangkan, pada 2020, akan dibangun zona bermain anak, kolam dangkal, sampai ruang ngariung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper