Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Diskominfo Kota Bandung Gagas Konsep Smart RW, Dorong Ruang Kerja Digital Generasi Muda

Dinas Komunikasi dan Informatika tengah menggagas konsep Smart Community dan Smart RW guna memberikan ruang bagi generasi muda dalam mengembangkan minat berbisnis dengan memanfaatkan teknologi informasi.
Ilustrasi. Salah satu sudut perkampungan di Kota Bandung/Bisnis
Ilustrasi. Salah satu sudut perkampungan di Kota Bandung/Bisnis

Bisnis.com, BANDUNG -- Dinas Komunikasi dan Informatika tengah menggagas konsep Smart Community dan Smart RW guna memberikan ruang bagi generasi muda dalam mengembangkan minat berbisnis dengan memanfaatkan teknologi informasi.

Konsepnya, yakni dengan memberikan ruang bagi setiap RW yang bisa dimanfaatkan oleh generasi muda sebagai tempat bekerja secara digital. Nantinya kantor RW tidak hanya menjadi pusat pemerintahan ditingkat wilayah, tapi juga sekaligus menjadi youthspace.

Kepala Dinas Kominfo Kota Bandung, Anton Sunarwibowo mengatakan gagasan tersebut sudah disampaikan kepada Menteri Kominfo RI, Rudiantara saat bertemu di Bandung beberapa waktu lalu.

"Waktu itu ditanya, apa yang bisa dibantu (di Kota Bandung), lalu saya sampaikan Bandung akan membuat konsep Smart Community atau Smart RW, beliau (Rudiantara) mendukung," kata Anton saat ditemui di Balai Kota Bandung, Rabu (18/9).

Konsep tersebut kata Anton sangat relevan dengan kondisi generasi muda di Kota Bandung, utamanya terkait kegiatan bisnis. Kesadaran generasi muda dalam menggunakan ruang kerja digital harus difasilitasi oleh Pemerintah Kota Bandung, salah satunya yakni dengan gagasan Smart Community dan Smart RW.

Hal ini dilakukan Pemerintah Kota Bandung dalam upaya menuju Smart City yang salah satu elemennya adalah Smart People yang mampu memanfaatkan teknologi informasi dala kegiatan sehari-harinya.

"Nanti generasi muda di kewilayahan bisa bekerja dengan memanfaatkan ruang ini," jelas dia.

Terlebih, saat ini konektivitas kewilayahan di Kota Bandung sudah 100%, sehingga akan mendukung konsep ini bisa berjalan nantinya.

Meski demikian, ia mengakui tidak bisa memberikan bantuan infrastruktur dalam penerapan konsep ini. Namun, ia berkomitmen dalam ranah peningkatan kapasitas dari setiap RW dalam mewadahi geliat aktifitas digital generasi mudanya.

"Nanti kita berikan pelatihan, pemahaman, sehingga konsep ini bisa berjalan," jelas dia. (k34)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper