Evaluasi Satu Tahun Pemerintahan, Emil Terus Perkuat Koordinasi Daerah

Tahun pertama masa kepemimpina Ridwan Kamil dengan Uu Ruzhanul Ulum masih dalam tahap membangun fondasi dan menanam gagasan.
Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 17 September 2019  |  12:42 WIB

Bisnis.com, BANDUNG—Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memimpin rapat pimpinan bersama kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) se-Jabar di Ruang Rapat Papandayan Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (16/9/19) kemarin.

Dalam rapim tersebut, kepala OPD mamaparkan progres pembangunan selama satu tahun dalam mewujudkan visi Jabar Juara Lahir Batin.

Emil –sapaan Ridwan Kamil—mengatakan bahwa tahun pertama masa kepemimpinannya dengan Uu Ruzhanul Ulum masih dalam tahap membangun fondasi dan menanam gagasan.

"Tahun kedua adalah untuk mengakselerasi semua program yang dicanangkan. Sedangkan, tahun ketiga merupakan untuk meraih hasil, ada beberapa yang bisa dipanen nanti di tahun ke tiga,” kata Emil di DPRD Jabar, Bandung, Selasa (17/9/2019).

"Maka, rapim kali ini, secara umum, lebih melakukan evaluasi apa yang sudah kita kerjakan," imbuhnya.

Guna mempererat komunikasi dan koordinasi dalam pembangunan, Pemerintah Daerah Provinsi (Pemdaprov) Jabar menggagas Rapat Koordinasi Penyelenggaraan Pemerintahan Umum Dalam Rangka Gubernur Sebagai Wakil Pemerintahan Pusat (KOPDAR- GWPP) setahun tiga kali.

Emil pun mengatakan bahwa KOPDAR- GWPP digelar untuk memperkuat koordinasi, komunikasi, dan sinkronisasi antara Pemerintah Daerah Provinsi (Pemdaprov) Jawa Barat (Jabar) dengan 27 pemerintah daerah kabupaten/kota se-Jabar.

"Maka kita, dalam KOPDAR-GWPP, menyamakan dinamika. Kalau saya, pada dasarnya, menjalankan eksisting system, apa di depan mata itu saya kerjakan," kata Emil.

Selain membicarakan isu kewilayahan, KOPDAR-GWPP menjadi wadah bagi kepala daerah untuk mengutarakan inovasi pembangunan di daerahnya masing-masing.

Tujuannya, supaya daerah lain yang pembangunannya terhambat dapat meniru, memodifikasi, atau melaksanakan inovasi tersebut.

"Mudah-mudahan upaya ini dapat lebih mudah menyinergikan program-program pembangunan pusat, provinsi dan kota/kabupaten," tegas Emil.

Adapun, menurut Emil gubernur sebagai wakil pemerintah adalah perpanjangan tangan presiden. Maka, dirinya bertugas memastikan pelaksanaan urusan di daerah kota/kabupaten berjalan lancar sesuai kebijakan yang berlaku.

"Koordinasi daerah kita perbaiki, mungkin belum sempurna tapi dengan bertemu 'kan sudah ada yang kita upayakan," ujar Emil mengakhiri.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
pemprov jabar

Editor : Ajijah

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya


Top