Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dituding Bermanuver, Uu Beberkan Hasil Pertemuan dengan Prabowo

Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum membantah pihaknya bermanuver di belakang Gubernur Jabar Ridwan Kamil terkait pertemuan dengan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto.
Uu Ruzhanul Ulum
Uu Ruzhanul Ulum

Bisnis.com,BANDUNG—Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum membantah pihaknya bermanuver di belakang Gubernur Jabar Ridwan Kamil terkait pertemuan dengan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto.

Uu mengatakan pertemuan yang juga dihadiri Ketua Umum PPP Suharso Manoarfa dan Ketua DPW PPP Jabar Ade Yasin lebih banyak menindaklanjuti konstelasi politik di tingkat DPR dan MPR. Pertemuan dengan Prabowo juga merupakan lanjutan dari pertemuan sebelumnya yang dilakukan Manoarfa dimana PPP dan Gerindra bekerjasama di parlemen.

Menurutnya di tingkat Jawa Barat ada kesepakatan kesepahaman, bahwa pertama fraksi PPP akan bergabung dengan Fraksi Gerindra di DPRD Jabar.

“Jadi Fraksi Gerindra 25 kursi, PPP 3 kursi. Jadi ageung ngiringan (ikut yang besar) Saya bersukur, menghormat kepada Gerindra, yang memberikan AKD (alat kelengkapan dewan) kepada kami yabg begitu sempurna,” katanya di Gedung Sate, Bandung, Senin (9/9/2019).

Bergabungnya PPP dalam Fraksi Gerindra menurutnya juga ditindaklanjuti partai tersebut dengan memberi porsi PPP di Badan Anggaran juga AKD yang lain. “Juga nama katanya denger-denger gerakan persatuan atau gerakan pembangunan yang nama PPP terbawa, ini sebuah bpenghargaan bagi kami,” tuturnya.

Selain itu Gerindra dan PPP juga tengah menjalin kesepahaman untuk berkoalisi dalam 8 Pilkada Serentak 2020. Uu mengaku ada harapan koalisi ini terbentuk segera termasuk di Kabupaten Tasikmalaya.

“Kalau Tasik dan Garut sudah kami tindaklanjuti dengan bertemu Amir Mahmud sebagai pengusaha Bus Primajasa karena terkenal, maka sudah bicara angka, kampanye, untuk bupati, sudah ada progres. Itu yang jadi prioritas kami dan Prabowo,” ujarnya.

Sebelumnya, dugaan Uu bermanuver sendiri dilancarkan oleh internal Gerindra. Gerindra Jawa Barat menilai Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum tengah bermanuver usai menemui Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto pekan lalu.

Anggota Fraksi Partai Gerindra DPRD Jabar Daddy Rohanady mengatakan pertemuan tersebut terjadi saat Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan Suharso Monoarpa dan Uu Ruzhanul Ulum merapat ke Prabowo Subianto beserta Bupati Bogor yang merupakan Ketua DPW PPP Jabar Ade Yasin.

“Untuk kepentingan apa para petinggi PPP merapat ke Gerindra? Banyak spekulasi berkembang setelah adanya pertemuan itu,” katanya dalam keterangan resmi Senin (10/9/2019).

Daddy Rohanady mengatakan bisa dipahami jika Ade Yasin turut serta dalam pertemuan tersebut karena dia menjadi Bupati Bogor. “Artinya, ia penguasa wilayah di mana Hambalang tempat kediaman Prabowo berada di wilayah Kabupaten Bogor yang dipimpinnya. Selain itu, Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan pun merupakan Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Gerinda Kabupaten Bogor,” tuturnya.

Dalam konteks Ade Yasin, tampaknya kedatangannya ke rumah Prabowo relatif lebih mudah dipahami. Demikian pula kehadiran Ketua Umum PPP Suharso Monoarpa. “Ia jelas mengantar Ade Yasin. Lantas bagaimana dengan Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum? Ini yang menarik,” ujarnya.

Daddy mengaku di internal Gerindra ada yang menafsirkan pertemuan itu bagi Uu merupakan  "balik kanan". Pasalnya, ketika menjadi pasangan calon kepala daerah Jabar, Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum berada di kubu yang berbeda dengan Gerindra.

PPP pada pemilihan gubernur Jabar 2018 menjadi salah satu pengusung pasangan Emil-Uu, sedangkan Gerindra dan PKS mengusung Sudrajat-Syaikhu.

“Mungkinkah Uu merasa tak diberdayakan secara proporsional oleh Gubernur Jabar Ridwan Kamil? Benarkah ia merasa benar-benar hanya menjadi ban serep? Kalau ya, ini pasti mermbuat seorang Uu yang mantan Bupati Tasikmalaya itu tidak nyaman,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper