Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

15 Hektare Lahan Perkebunan Terbakar di Tasikmalaya

Lahan perkebunan seluas 15 hektare di Kecamatan Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, terbakar pada Kamis (5/9) malam dan hingga Jumat petugas masih siaga mengantisipasi kemungkinan terjadinya kebakaran lain di area perkebunan karet milik PT Padawaras itu.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, TASIKMALAYA - Lahan perkebunan seluas 15 hektare di Kecamatan Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, terbakar pada Kamis (5/9) malam dan hingga Jumat petugas masih siaga mengantisipasi kemungkinan terjadinya kebakaran lain di area perkebunan karet milik PT Padawaras itu.

Koordinator Lapangan Relawan Penanggulangan Bencana Kecamatan Cipatujah Rahmat Saputra mengatakan, kebakaran melanda lahan perkebunan Blok C5, C6, dan C7 di Desa Cipatujah.

"Luas lahan yang terbakar kurang lebih 15 hektare di blok C5, C6, dan C7 yang lokasinya di pinggir jalan," kata Rahmat.

Ia menuturkan, warga mengetahui kebakaran lahan di perkebunan itu Kamis sekitar pukul 13.30 WIB dan kemudian berupaya memadamkannya menggunakan peralatan yang ada.

"Tiga unit mobil tangki pemadam kebakaran diterjunkan ke lokasi, api baru bisa dipadamkan secara keseluruhan sekitar pukul 20.00 WIB," katanya.

Ia mengatakan bahwa penyebab kebakaran masih belum diketahui pasti, namun ada dugaan pembuangan puntung rokok memicu kebakaran itu karena lahan perkebunan yang terbakar ada di pinggir jalan yang ramai dilintasi warga.

"Sekarang musim kemarau, daun karet kering yang mengandung minyak akan mudah terbakar," katanya.

Rahmat menambahkan, kebakaran juga melanda lahan perkebunan seluas satu hektare milik warga di Desa Sindangkerta, Kecamatan Cipatujah.

Dia mengimbau warga tidak melakukan tindakan yang bisa memicu kebakaran lahan seperti membuang puntung rokok sembarangan dan membakar sampah tanpa pengawasan.

"Musim kemarau ini harus menjadi perhatian karena potensi kebakaran sangat tinggi," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Ajijah
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper