LLI Jabar: Pemkot Bandung Terbaik dalam Perlakukan Lansia

Lembaga Lanjut Usia (LLI) Jawa Barat menilai penanganan lansia oleh Pemerintah Kota Bandung sudah sangat maksimal. Bahkan terpaling baik di Indonesia sehingga patut menjadi percontohan.
Dea Andriyawan
Dea Andriyawan - Bisnis.com 06 September 2019  |  15:58 WIB
LLI Jabar: Pemkot Bandung Terbaik dalam Perlakukan Lansia
Pertemuan Ketua LLI Jawa Barat Numan Abdul Hakim dan Wali Kota Bandung Oded M Danial - Bisnis/Dea Andriyawan

Bisnis.com, BANDUNG -- Lembaga Lanjut Usia (LLI) Jawa Barat menilai penanganan lansia oleh Pemerintah Kota Bandung sudah sangat maksimal. Bahkan terpaling baik di Indonesia sehingga patut menjadi percontohan.

Ketua LLI Jawa Barat, Nu’man Abdul Hakim menyatakan, salah satu indikator keseriusan Pemkot Bandung dalam menangani lansia yakni dengan menempatkan urusan para orang tua ini secara khusus setingkat bidang dan tertera di dinas khusus. Yaitu Bidang Perlindungan dan Pemenuhan Hak Lansia pada Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Pemberdayaan Masyarakat (DP3APM).

“Di daerah lain di bawah dinas sosial dan eselon rendah. Karena di daerah lain, visinya lain lansia itu harus ke panti jompo. Sedangkan panti jompo itu zamannya Belanda. Sekarang itu lansia harus terhormat, bermartabat jadi harus graha atau pesantren,” kata Nu’man di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Jumat (6/9).

Selain itu Nu'man juga melihat keseriusan dari Pemkot Bandung dalam melayani para lansia direalisasikan dengan sejumlah program dan kegiatan.

“Alhamdulillah pak Wali Kota Bandung ada kecocokan dengan LLI Jawa Barat. Yaitu memberdayakan lansia untuk tetap sehat, sejahtera, mandiri, bermartabat dan khusnul khotimah,” tegasnya.

Pemkot Bandung tidak hanya membuat program pemberdayaan lansia saja, namun beragam program yang berkenaan dengan kesehatan dan kesenian juga menjadi agenda rutin. Waktu khusus dalam program Minggu Lansia dan Sahabat Lansia juga telah lama bergulir.

Selain itu, Kota Bandung memiliki tempat khusus bagi para orang tua ini yakni Taman Lansia. Terbaru Oded tengah merencanakan sebuah program spesial dengan konsep dasar semacam pesantren khusus lansia.

“Ujung kehidupan khusnul khotimah ini perilakunya bagus dan diterima Allah. Itu paling penting. Sehingga realisasi programnya akan membuat semacam pesantren lansia. Nanti itu diberikan tausiyah, dikasih makan, berkumpul dan saling bertukar nasihat. Ini banyak yang bisa menjadi percontohan,” beber Nu’man.

Menanggapi apresiasi tersebut, Wali Kota Bandung, Oded M. Danial menuturkan dalam urusan melayani lansia memang sudah menjadi kewajiban dari pemerintah.

“Menurut saya lansia itu tidak hanya butuh persoalan materi saja, tapi justru membutuhkan silaturahmi. Kita harus memuliakan mereka. Apalagi kita ini semuanya pada ujungnya akan menjadi lansia juga,” kata Oded. (k34)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
pemkot bandung

Editor : Ajijah

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top