Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemkot Bandung Segera Bangun RSUD di Gedebage

Pemerintah Kota Bandung berencana membangun Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) yang letaknya tak jauh dari Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) Gedebage. Targetnya, RSUD tersebut bisa beroperasi pada 2023 mendatang.
Sekda Kota Bandung Ema Sumarna (memakai iket biru)/Bisnis-Dea Andriyawan
Sekda Kota Bandung Ema Sumarna (memakai iket biru)/Bisnis-Dea Andriyawan

Bisnis.com, BANDUNG — Pemerintah Kota Bandung berencana membangun Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) yang letaknya tak jauh dari Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) Gedebage. Targetnya, RSUD tersebut bisa beroperasi pada 2023 mendatang.

Sebagai langkah awal, Pemkot Bandung tengah membuat Feasibilty Study (FS) atau studi kelayakan lahan baru untuk pembangunan RSUD.

Sekretaris Daerah Kota Bandung, Ema Sumarna mengatakan, pembangunan RSUD akan menggunakan lahan sekitar 10 hektar. Pembangunan RSUD akan dimulai pada tahun 2021 atau 2022 mendatang. Targetnya dapat beroperasi pada tahun 2023.

"RSUD itu letaknya pas berhadapan dengan Stadion GBLA. Lahan kita ada 10 hektar. Ini sangat layak dan kapasitasnya akan jauh lebih baik dibanding kondisi eksisting (RSUD Kota Bandung di Ujungberung) sekarang," katanya usai meninjau lokasi rencana pembangunan RSUD di Gedebage, Rabu (4/9).

Ema menambahkan, setelah studi kelayakan, tahap berikutnya yaitu tahapan perencanaan pembangunan melalui Detail Engineering Design (DED). Termasuk juga soal perencanaan anggaran yang dibutuhkan.

"Sekarang itu RSUD sedang FS dulu kemudian DED tahun 2020. Targetnya itu tahun 2023 itu selesai. Pada tahun 2021 atau 202 sudah kelihatan bangunannya. Arahan wali kota seperti itu," ungkap Ema.

Terkait dengan RSUD Kota Bandung yang saat ini masih beroperasi, Ema mengatakan, nantinya RSUD di Ujungberung akan berpindah ke Gedebage. Namun, bukan tidak mungkin bangunan di Ujungberung dimanfaatkan sebagai sarana yang lain.

Hal itu seperti RSKIA Kota Bandung yang akan pindah ke gedung baru. Tetapi gedung lama masih akan dimanfaatkan sebagai ruang tertentu. Sehingga kedua gedung tersebut dapat dimanfaatkan. (K34)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper