Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Kriteria Sekda Jabar Pilihan Ridwan Kamil

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil membutuhkan figur sekretarus daerah yang tak tergiur urusan politik.
Ridwan Kamil/Bisnis-Wisnu Wage
Ridwan Kamil/Bisnis-Wisnu Wage

Bisnis.com, BANDUNG--Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil membutuhkan figur sekretaris daerah yang tak tergiur urusan politik.

Ridwan Kamil mengatakan dirinya berkaca pada pengalaman Iwa Karniwa yang terjerat dugaan penyuapan saat tergiur mengikuti proses pencalonan Gubernur di Pilgub 2018 lalu. Menurutnya seorang Sekda harus fokus dalam urusan administrasi dan tidak terbawa dinamika politik.

"Sekda terdahulu kan punya minat ke arah politik sehingga terjadilah banyak hak yang sebetulnya tak perlu terjadi. Saya kira kuncinya itu saja," katanya di Bandung, Rabu (4/9/2019).

Di luar itu pihaknya memastikan ingin sosok Sekda yang profesional, dan bisa menerjemahkan visi misi gubernur secara detil. "Jangan sampai gubernur seperti hari ini mengurusi hal teknis yang sebetulnya bisa diselesaikan di level Sekda," katanya.

Sebelumnya, Ridwan Kamil mengatakan saat ini bentuk pencarian Sekda Jabar yang baru tengah menunggu arahan dari Pusat meski setidaknya ada beberapa opsi yang bisa dilakukan pihaknya. “Saya sudah kirim surat ke Kemendagri. Bahwa kami akan memproses pencarian Sekda baru, bentuknya sedang dikonsultasikan,” katanya Rabu (4/9/2019).

Menurutnya ada opsi penunjukan langsung yang bisa dilakukan pihaknya karena sesuai aturan, selama memenuhi syarat. “Ada opsi juga dilelang dicari dari mana-mana itu juga sedang dipertimbangkan menunggu masukan dari Kemendagri,” ujarnya.

Namun dia menargetkan sebelum Desember 2019, sudah ada Sekda Jabar definitif menggantikan Iwa Karniwa yang saat ini tengah menghadapi proses hukum di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). “Tapi mudah-mudahan sebelum Desember sudah terpilih Sekda Baru karena setelah ini prosesnya adalah Pjs dulu tiga bulan. Dari Plh, Pjs tiga bulan ini juga menyiapkan Sekda definitif,” tuturnya.

Untuk penjabat sementara Sekda Jabar dirinya memastikan tetap akan memilih Daud Ahmad.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper