Demokrat Lobi Fraksi Lain Supaya Kursi Wakil Ketua DPRD Jabar Ditambah

Fraksi Partai Demokrat mengusulkan agar kursi Wakil Ketua DPRD Jawa Barat bertambah sehingga Demokrat bisa duduk sebagai pimpinan.
Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 02 September 2019  |  19:24 WIB
Demokrat Lobi Fraksi Lain Supaya Kursi Wakil Ketua DPRD Jabar Ditambah
Pelantikan anggota DPRD Jabar - Istimewa

Bisnis.com,BANDUNG—Fraksi Partai Demokrat mengusulkan agar kursi Wakil Ketua DPRD Jawa Barat bertambah sehingga Demokrat bisa duduk sebagai pimpinan.

Wakil Ketua DPRD Jabar Sementara Tetep Abdulatip mengatakan pihaknya baru menampung usulan dari partai berlambang Mercy tersebut.

"Usulan saja tidak ada klausal yang melarang ataupun membolehkan," katannya di Bandung, Senin (2/9/2019).

Menurutnya usulan ini akan ditampung mengingat pihaknya belum menentukan alat kelengkapan dewan. Meski begitu, konsultasi harus dilakukan dengan Kementerian Dalam Negeri.

Anggota DPRD Jawa Barat dari Partai Demokrat Asep Wahyu Wijaya mengatakan usulan penambahan jatah kursi pimpinan DPRD Jabar 2019-2024 dilakukan karena adanya penambahan jumlah anggota dewan dari 100 menjadi 120 orang.

"UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemda menyatakan jumlah pimpinan dewan lima orang terdiri dari satu ketua dan empat wakil ketua itu untuk anggota dewan berjumlah 85 hingga 100 orang. Sementara jumlah anggota DPRD Jabar saat ini itu 120 orang dan itu belum diatur soal komposisi pimpinannya," tuturnya.

Asepmengaku Demokrat sudah melakukan lobi dengan fraksi lain. Selain itu, kondisi yang sama menurutnya juga terjadi di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

"Kami sudah melobi, ngobrol, ke fraksi lain juga. Saya harap teman-teman sepakat, karena enggak ada aturan yang melarangnya," tuturnya.    

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
pemprov jabar

Editor : Ajijah

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya


Top