Baru Diluncurkan, Posgiro Mobile Cetak Transaksi Lebih Dari Rp5 Miliar

Sejak diluncurkan Maret 2019 lalu, platform digital berbasis rekening Giropos 'Posgiro Mobile' milik PT Pos Indonesia telah mencetak transaksi hingga lebih dari Rp5 miliar hingga Agustus 2019.
Hadijah Alaydrus
Hadijah Alaydrus - Bisnis.com 28 Agustus 2019  |  17:09 WIB
Baru Diluncurkan, Posgiro Mobile Cetak Transaksi Lebih Dari Rp5 Miliar
Karyawan PT Pos Indonesia (Persero) mencoba platform layanan transaksi keuangan Mobile Giropos saat peluncurannya di Bandung - Bisnis

Bisnis.com, BANDUNG--Sejak diluncurkan Maret 2019 lalu, platform digital berbasis rekening Giropos 'Posgiro Mobile' milik PT Pos Indonesia telah mencetak transaksi hingga lebih dari Rp5 miliar hingga Agustus 2019.

adalah platform digital berbasis rekening Giropos yang diberikan kepada pemilik rekening Giropos sehingga dapat mengakses layanan Giropos dan layanan keuangan pos lainnya secara mobile.

Manajer Business Development SBU Digital Platform PT Pos Indonesia Triyanta menuturkan jumlah transaksi tersebut berasal dari user Posgiro Mobile saat ini sudah mencapai 45.000 user.

"Walaupun Posgiro Mobile belum direlease secara massif ke masyarakat umum tetapi jumlah transaksi sekitar 15.000 dan omset kurang lebih Rp5 milliar," papar Triyanta, Rabu (28/09/2019).

Untuk memperkenalkan platform ini, Triyanta mengungkapkan PT Pos Indonesia dalam waktu dekat akan mengadakan program marketing dan promosi kepada pelanggan akan  dilakukan secara bertahap sehingga layanan Posgiro Mobile dapat diketahui dan dirasakan manfaatnya oleh pelanggan.

Menurut Triyanta, fitur yang menjadi favorit pelanggan adalah transaksi bill payment khususnya untuk bayar tagihan PLN/PDAM, pembelian token pulsa listrik dan handphone termasuk pengiriman uang via weselpos instan.

Selain bill payment, Posgiro mobile juga menyediakan fitur andalan lain a.l. Weselpos Instan, QR Code untuk micropayment dan pengelolaan keuangan lainnya.

Ke depannya, Triyanta mengatakan PT Pos Indonesia akan fokus mengembangkan eksosistem untuk transaksi micropayment melalui QRCode
Giropos dan layanan transfer ke rekening bank dari rekening giropos pelanggan.

Tidak hanya sampai di sana, PT Pos Indonesia berencana menyediakan fitur pemesanan tiket transportasi, reservasi hotel, produk asuransi hingga perencanaan keuangan dan wealth management.

"Kami berharap Posgiro Mobile menjadi platform yang memenuhi semua kebutuhan layanan transaksi keuangan pelanggan," ujar Triyanta.

Selain mempermudah akses layanan pos bagi pelanggan, Giropos Mobile hadir dalam rangka mendukung strategi nasional dalam peningkatan inklusi keuangan di Indonesia.

Oleh karena itu, PT Pos Indonesia (Persero) perlu berubah dan melakukan modernisasi layanan sehingga dapat bersaing ditengah disrupsi bisnis yang tengah berlangsung.

Giropos sebenarnya adalah platform layanan keuangan berbasis rekening dan merupakan layanan keuangan legacy yang dimiliki oleh PT Pos Indonesia (Persero) yang sudah hadir dan melayani masyarakat sejak puluhan tahun lalu dan sering kali digunakan untuk mendukung program-program pemerintah berupa penyaluran dana ke berbagai wilayah di Indonesia.

Layanan Giropos juga merupakan manifestasi dari amanah yang diberikan negara melalui Undang-Undang No.38 tahun 2009 dan Peraturan Pemerintah nomor 15 tahun 2013 tentang penyelenggaran Undang-Undang No.38 tahun 2009, di mana PT Pos Indonesia (Persero) diberikan amanah untuk menjalankan layanan transaksi keuangan berupa kegiatan penyetoran, penarikan, penyimpanan, pemindahbukuan, pembayaran dan pendistribusian dana.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
pt pos indonesia

Editor : Ajijah

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya


Terpopuler

Top