Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penerapan e-Budgeting di Era Ridwan Kamil Menuai Hasil Positif

Penerapan e-Planning dan e-Budgeting oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat pada penyusunan APBD Perubahan 2019 dan APBD 2020 membawa perubahan signifikan yang positif.
Ridwan Kamil/Bisnis-Wisnu Wage
Ridwan Kamil/Bisnis-Wisnu Wage

Bisnis.com,BANDUNG—Penerapan e-Planning dan e-Budgeting oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat pada penyusunan APBD Perubahan 2019 dan APBD 2020 membawa perubahan signifikan yang positif.

Kepala Bappeda Jabar Taufik Budi Santoso mengatakan di bawah kepemimpinan Gubernur Jabar Ridwan Kamil aplikasi e-Planning dan e-Budgeting kini terintegrasi maksimal. “Dulu aplikasi ini terpisah, sekarang terintegrasi,” katanya kepada Bisnis, Selasa (27/8/2019).

Dia mencontohkan penerapan dua aplikasi terintegrasi ini membuat penyusunan anggaran jauh lebih efisien terutama untuk pos perjalanan dinas dan pembelian alat tulis kantor dan program yang dianggap yang tidak memiliki alat ukur jelas. “Pak Gubernur sudah mengaplikasikan ini, efisiensinya bisa dilihat,” katanya.

Menurutnya di sisi lain, 27 Program Jabar Juara Lahir Batin bisa diidentifikasi dengan baik dan memiliki ukuran yang jelas. Sehingga organisasi perangkat daerah (OPD) yang mengerjakan program pun dengan mudah dimonitor. “Jadi terlihat OPD mana saja yang melaksanakan program-program tersebut, lebih jelas,” ungkapnya.

Selain itu, penerapan dua aplikasi yang merupakan amanat Undang-Undang tersebut di sisi waktu pengerjaan penyusunan anggaran menjadi lebih efektif dan efisien. “Khususnya menerjemahkan data dan informasi yang diusulkan OPD atau ormas semua sudah terinput dalam sistem digital. Jadi tidak perlu lagi proposal bertumpuk-tumpuk,” ujarnya.

Meski demikian Taufik mengaku pihaknya terus melakukan penyempurnaan dua sistem terintegrasi tersebut. Menurutnya saat ini sosialisasi pada masyarakat dan dewan harus ditingkatkan agar pemanfaatannya makin maksimal. 

“Jadi mulai dari data input di Musrenbang, penyusunan RKPD, hingga menjadi APBD berada dalam jalur yang sama sesuai tujuan pembangunan yang selaras dengan RPJMD,” katanya.

Menurutnya dengan penerapan ini, Gubernur berharap anggaran yang disusun dan dibelanjakan bisa tepat sasaran, akuntabel dan meminimalisir penyimpangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper