Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ribuan Hektare Sawah di Karawang Gagal Tanam

Ribuan hektare areal persawahan di Karawang bagian utara, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, mengalami gagal tanam pada musim kemarau tahun ini.
Ilustrasi sawah kekeringan/Antara
Ilustrasi sawah kekeringan/Antara

Bisnis.com, KARAWANG – Ribuan hektare areal persawahan di Karawang bagian utara, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, mengalami gagal tanam pada musim kemarau tahun ini.

"Air dari saluran irigasi tidak bisa mengalir ke wilayah Pakisjaya dan sekitarnya, padahal di daerah itu sudah masuk jadwal tanam," kata Ketua Serikat Tani Karawang (Setakar) Deden Sofian di Karawang, Kamis (22/8/2019).

Dia menjelaskan jadwal tanam padi di daerah sekitar Pakisjaya pada musim gadu seharusnya sudah dimulai pada akhir Juni 2019, tetapi hingga kini masih ada ribuan hektare sawah yang belum tanam.

Di wilayah utara Karawang atau di Pakisjaya, areal persawahan yang sudah ditanami padi hanya sekitar 600 hektare. Sedangkan sekitar 1.300 hektare lainnya belum ditanami padi karena petani kesulitan air untuk mengairi areal sawahnya.

Menurut dia, kondisi itu terjadi akibat minimnya air yang mengalir di saluran irigasi menuju wilayah Pakisjaya yang merupakan golongan air lima.

Sementara itu, sesuai dengan jadwal gilir-giring air yang diterapkan Perusahaan Jasa Tirta (PJT) II Jatiluhur, seharusnya air sudah masuk ke wilayah Pakisjaya, tetapi air irigasi yang mengalir hanya sampai ke wilayah Batujaya, dan petani di Pakisjaya tetap kesulitan air untuk mengairi areal sawahnya.

Dia menyampaikan selain faktor kekeringan, kondisi itu juga terjadi akibat kerusakan saluran irigasi. "Terjadi pengendapan lumpur yang luar biasa di saluran irigasi menuju Pakisjaya. Beberapa titik pintu air di saluran irigasi itu juga perlu diperbaiki," ucapnya.

Deden brharap Pemkab Karawang dan PJT II Jatiluhur lebih serius dalam menangani kekeringan yang rutin terjadi setiap tahun. "Untuk jangka panjangnya, saluran irigasi harus benar-benar diperbaiki total."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper