Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Disbudpar Kota Bandung Gelar Rempug Jukung Akir Pekan Ini

Pemerintah Kota Bandung akan menggelar Rempug Jukung sebagai upaya pengembangan ekosistem ekonomi kreatif khususnya kreativitas tradisi dengan kegiatan kolaborasi.

Bisnis.com, BANDUNG -- Pemerintah Kota Bandung akan menggelar Rempug Jukung sebagai upaya pengembangan ekosistem ekonomi kreatif khususnya kreativitas tradisi dengan kegiatan kolaborasi.

Kepala Bidang Ekonomi Kreatif Disbudpar Kota Bandung, Tris Avianti mengungkapkan acara tersebut nanti akan berbentuk kompetisi dan pameran yang menawarkan nilai-nilai budaya dan kreativitas yang menjadi ciri khas kearifan lokal kota Bandung.

“Rangkaian kegiatan Rempug Jukung di antaranya mengembangkan ekosistem musik tradisional karinding, inkubasi kuliner tradisional serta kompetisi desain Batik Bandung dan desain cinderamata,” jelas Tris, Kamis (22/8).

Menurutnya, hal itu dapat merefleksikan kemajuan Kota Bandung yang berbasis kebudayaan dan kearifan lokal.

“Ini juga merupakan tindak lanjut hasil kajian yang diadakan oleh Bidang Pengkajian Kebudayaan mengenai icon Kota Bandung pada tahun 2018,” katanya.

Acara Rempug Jukung juga menurutnya menjadi penanda bahwa desain Batik Bandung dan cinderamata Bandung dapat digunakan oleh seluruh masyarakat. Masyarakat juga dapat memproduksinya masyarakat karena Hak Kekayaan Intelektual (HKI) atas nama Pemerintah Kota Bandung.

“Dalam dinamika perkembangan kota yang bergerak sangat dinamis, sudah menjadi keharusan sebagai branding Kota Bandung sebagai kota Kreatif serta destinasi pariwisata unggulan di Indonesia dan mancanegara,” imbuhnya.

Batik Bandung lanjutnya akan menjadi pakaian resmi seluruh ASN Pemerintah Kota Bandung dan diharapkan dapat digunakan pula di kalangan dunia usaha dan masyarakat umum.

Kegiatan tersebut didukung oleh Stunning Bandung, Dekranasda, Patrakomala, Ruang Kolaborasa, Saga Inspira, Photography Space dan Bandung Creative Hub. (k34)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper