Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Selama Agustus, 5.500 Meter Persegi Lahan Terbakar di Cianjur

Kantor Satpol PP dan Pemadam Kebakaran, Cianjur, Jawa Barat mencatat selama satu bulan terakhir terjadi tujuh peristiwa kebakaran yang menyebabkan 5.500 meter persegi lahan kosong terbakar di sejumlah wilayah.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, CIANJUR - Kantor Satpol PP dan Pemadam Kebakaran, Cianjur, Jawa Barat mencatat selama satu bulan terakhir terjadi tujuh peristiwa kebakaran yang menyebabkan 5.500 meter persegi lahan kosong terbakar di sejumlah wilayah.

Kepala Bagian Pemadam Kebakaran, Sulaeman Mazna , mengatakan selama Juni hingga Juli telah tercatat seluas 10 hektar lahan mengalami kebakaran di beberapa wilayah di Cianjur.

"Selama kemarau hampir setiap hari kami mendapat laporan adanya kebakaran lahan yang terjadi di sejumlah wilayah. Selama Agustus tercatat seluas 5.500 meter persegi lahan terbakar dari tujuh kejadian," katanya, Selasa (20/8/2019)

Selama Agustus, tutur dia, peristiwa kebakaran lahan sering terjadi di Kecamatan Cianjur dan Cibeber, sedangkan sebelumnya peristiwa kebakaran banyak dilaporkan terjadi di Kecamatan Haurwangi, Sukaluyu dan Ciranjang.

"Beberapa wilayah yang sebelumnya sering terjadi kebakaran lahan saat ini sudah mulai berkurang, namun untuk wilayah Cianjur kota kebakaran lahan masih sering dilaporkan terjadi," katanya.

Ia menjelaskan penyebab terjadinya kebakaran lahan di sejumlah kecamatan itu, diakibatkan beberapa faktor seperti puntung rokok yang dibuang sembarangan dan bekas pembakaran sampah yang didiamkan.

"Selain itu penyebab terjadinya kebakaran lahan diakibatkan warga yang secara sengaja membakar lahan untuk dijadikan area perkebunan karena ditinggal lama membuat api membesar dan menjalar kemana-mana," katanya.

Pihaknya secara gencar melakukan sosialisasi ke warga terkait pencegahan dan pemadaman kebakaran saat musim kemarau agar tidak terjadi dengan berbagai cara, salah satunya menghindari membuang puntung sembarangan dan membakar sampah di daerah rawan.

"Kami mengimbau warga saat ada peristiwa kebakaran lahan, untuk segera melaporkan ke Pemadam Kebakaran agar dapat segera ditanggulangi dan pemadaman tidak dipungut biaya karena selama ini banyak beredar dikenakan biaya," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Ajijah
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper