Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mau Bawa Sepeda ke Kereta? Ini Syaratnya

PT Kereta Api Indonesia (KAI) mengeluarkan aturan baru terkait sepeda yang diperbolehkan diangkut ke dalam kereta api. Hal tersebut dilakukan guna meningkatkan kenyamanan kepada seluruh penumpang kereta api.
Ilustrasi/Metro.co.uk
Ilustrasi/Metro.co.uk

Bisnis.com, BANDUNG — PT Kereta Api Indonesia (KAI) mengeluarkan aturan baru terkait sepeda yang diperbolehkan diangkut ke dalam kereta api. Hal tersebut dilakukan guna meningkatkan kenyamanan kepada seluruh penumpang kereta api.

Manager Humas PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi (Daop) 2 Bandung, Noxy Citrea menuturkan, aturan yang diterbitkan 30 Juli 2019 ini menyebutkan jenis sepeda yang diperbolehkan naik, yakni hanya sepeda lipat dengan ketentuan berat maksimal 20 kg dan ukuran roda maksimal 22 inci.

Menurutnya, sepeda lipat yang dibawa juga harus disimpan di dalam kereta penumpang. Penumpang tidak diperkenankan menyimpannya didalam kereta makan atau di sambungan antarkereta.

“Adapun terkait teknis penyimpanannya, sepeda lipat harus dalam keadaan terlipat dan dimasukkan ke dalam bagasi atau ruang kosong sekitar kursi masing-masing penumpang,” ungkap dia, Selasa (13/8).

Namun ia mengingatkan, penumpang yang membawa sepeda lipatnya ke dalam bagasi kereta juga harus menempatkan sepedanya dengan sedemikian rupa agar tidak menimbulkan ketidak nyamanan penumpang lain dan juga tidak menimbulkan kerusakan pada kereta.

Aturan yang sama juga berlaku untuk KRL Commuterline, KA Bandara, dan LRT Sumatera Selatan. Khusus moda commuterline, sepeda yang dilipat harus masuk dalam dimensi maksimal 100 x 40 x 30 cm.

Selain itu, jika penumpang ingin membawa sepeda jenis lainnya menggunakan kereta api, penumpang dapat menggunakan layanan angkutan barang menggunakan kereta api, salah satunya anak usaha KAI yaitu PT KA Logistik atau Kalog. Kalog menyediakan layanan pengiriman sepeda dengan berbagai tujuan di sepanjang Pulau Jawa dan Bali.

Selain melayani pengiriman station-to-station, Kalog juga menawarkan kemudahan dengan layanan door-to-door atau antar pintu sehingga memberikan kemudahan dan kenyamanan lebih bagi pelanggan. Tarif pengiriman sepeda bervariasi tergantung dari jarak pengiriman yang ditentukan berdasarkan kota asal dan kota tujuan.

Noxy melanjutkan, aturan ini diterapkan agar keamanan perjalanan dan keamanan sepeda milik penumpang dapat terjaga. Jika disimpan di tempat yang tidak semestinya dikhawatirkan dapat terjadi kehilangan barang penumpang atau kerusakan terhadap kereta api.

“Selain itu, dengan penyimpanan yang lebih baik, penumpang yang hendak berjalan atau keluar masuk kereta dapat menjadi lebih nyaman,” tandas dia.(k34)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper