Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

ASN Kota Bandung Belum Siap Bekerja di Rumah

Pelaksana Harian Wali Kota Bandung, Yana Mulyana menilai wacana Aparatur Sipil Negara (ASN) bekerja di rumah belum tepat. Pasalnya, sumber daya manusia (SDM) yang ada saat ini dinilai belum siap untuk menerapkan sistem kerja tersebut.
ASN Pemkot Bandung/Dea Andriyawan
ASN Pemkot Bandung/Dea Andriyawan

Bisnis.com, BANDUNG — Pelaksana Harian Wali Kota Bandung, Yana Mulyana menilai wacana Aparatur Sipil Negara (ASN) bekerja di rumah belum tepat. Pasalnya, sumber daya manusia (SDM) yang ada saat ini dinilai belum siap untuk menerapkan sistem kerja tersebut.

"Jujur, kalau Pemkot Bandung belum akan menerapkanya. Karena secara fisik ASN ini (masih) dibutuhkan," ujarnya, Selasa (13/8).

Sebelumnya, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) sedang merencanakan agar ASN bisa bekerja dari rumah dan lebih fleksibel. Fleksibilitas kerja dinilai menjadi hal penting menyusul akan terjadinya perubahan besar profil pegawai negeri sipil pada 2024. 

Hal ini diperkirakan jumlah PNS yang melek teknologi akan bertambah seiring rekruitmen baru yang diisi generasi melek teknologi.

Yana menyebutkan, wacana ASN bekerja di rumah perlu dukungan sejumlah kesiapan. Terutama dari sisi kemampuan untuk lebih memahami teknologi.

"Karena kita tidak seperti kaum milenial sekarang yang bisa berkantor di mana saja. Karena belum tentu semua pekerjaan teritegrasi dengan aplikasi. Masih banyak pekerjaan yang dilakukan secara manual,” aku Yana.

"Teknologi, aplikasi, soal kemampuan juga belum tentu merata dan butuh waktu dan biaya. Ide dasarnya mungkin saja, tapi rasanya sih untuk di Kota Bandung belum," imbuhnya. (K34)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper