Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Momentum Iduladha, Pemotongan Hewan di RPH Ciroyom Meningkat

Pemotongan hewan kurban di Rumah Potong Hewan (RPH) Ciroyom saat Hari Raya Idulahda 2019 mengalami peningkatan. Berkaca pada tahun 2018, jumlah hewan kurban yang dipotong di RPH Ciroyom sebanyak 170 ekor sapi. Sedangkan tahun ini, RPH Ciroyom menyembelih 196 ekor sapi.
Pemotongan hewan kurban di RPH Ciroyom/Bisnis-Dea Andriyawan
Pemotongan hewan kurban di RPH Ciroyom/Bisnis-Dea Andriyawan

Bisnis.com, BANDUNG — Pemotongan hewan kurban di Rumah Potong Hewan (RPH) Ciroyom saat Hari Raya Idulahda 2019 mengalami peningkatan. Berkaca pada tahun 2018, jumlah hewan kurban yang dipotong di RPH Ciroyom sebanyak 170 ekor sapi. Sedangkan tahun ini, RPH Ciroyom menyembelih 196 ekor sapi.

"Pada prinsipnya, kami memotong hewan kurban sapi. Peningkatan berkisar di angka 5 persen dari tahun sebelumnya," ujar Kepala UPT RPH Ciroyom, Endang Priatna di RPH Ciroyom, Senin (12/8).

Ia menjelaskan, jika masyarakat yang ingin memotong hewan kurban di RPH Ciroyom harus terlebih dahulu mendaftarkan hewan yang akan dipotong tersebut.

"Ini cukup berbeda, ya. Tahun lalu itu masyarakat datang, lalu kami layani untuk pemotongan. Kalau tahun ini, prosedurnya harus mendaftar ke Dispangtan (Dinas Pengan dan Pertanian), lalu kemudian mendapat surat untuk izin pemotongan hewan kurban. Lalu surat tersebut diberikan kepada kami," bebernya.

Pemotongan hewan kurban di RPH Ciroyom berlangsung mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 14.00 WIB.

Sementara itu, Kepala Dispangtan Kota Bandung Gin Gin Ginanjar menyebutkan, permintaan masyarakat untuk melakukan pemotongan hewan kurban di RPH Ciroyom cukup tinggi. Oleh karena itu, pihaknya menyiapkan 20 orang penjagal atau pemotong hewan kurban di RPH Ciroyom.

"Jadi, pemotongan satu ekor sapi itu dikerjakan oleh dua orang," ujar Gin Gin.

Ia juga menyebutkan, naiknya pemintaan untuk pemotongan hewan kurban di RPH Ciroyom adalah dampak positif dari kenaikan angka hewan kurban di Kota Bandung.

Untuk informasi tambahan, jumlah hewan kurban di Kota Bandung pada tahun ini mengalami kenaikan hingga 76,71%. (K34)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper