Ridwan Kamil Minta PUPR Percepat Pembangunan Waduk di Jabar

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meyakini jika pembangunan sejumlah waduk di Jawa Barat tuntas, musim kemarau tidak akan menjadi masalah dan perlu dikhawatirkan.
Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 06 Agustus 2019  |  15:43 WIB
Ridwan Kamil Minta PUPR Percepat Pembangunan Waduk di Jabar
Foto aerial keramba jaring apung, di Waduk Jatiluhur, Purwakarta, Jawa Barat, Minggu (16/4). - Antara/Sigid Kurniawan

Bisnis.com,BANDUNG—Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meyakini jika pembangunan sejumlah waduk di Jawa Barat tuntas, musim kemarau tidak akan menjadi masalah dan perlu dikhawatirkan.

Ridwan Kamil mengatakan sudah berkordinasi dengan Kementerian PUPR untuk melakukan percepatan proyek skala jangka menengah yaitu pembangunan sejumlah waduk.

“Ada negara yang hari ini gak ada air karena saat hujan gak ditampung jadi ada perbanyakan proyek-proyek penampungan air dalam bentuk waduk kita kebut termasuk yang di Citarum sekarang sudah pembebasan lahan,” katanya di Bandung, Selasa (6/8/2019).

Sementara untuk jangka pendek dalam mengatasi dampak kekeringan pihaknya sudah menggelar rapat dengan kepala daerah untuk melakukan penggiliran air.

“Jadi air yang biasanya 100 persen sawahnya secukupnya saja dengan komunikasi antar petani. Yang ketiga kusus untuk air bersih PDAM se-Jabar sudah diinstruksikan untuk proaktif klo macet truk-truk tangki untuk menghampiri titik-titik kepadatan diberikan ke masyarakat dengan cara yang baik,” paparnya.

Terkait penerapan status siaga kekeringan, pihaknya mengaku belum mendapatkan laporan perlu tidaknya menetapkan status tersebut. “Saya belum ada laporan soal siaga ini. Definisi siaga tanpa status kita juga sudah siaga,” ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
pemprov jabar

Editor : Ajijah

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya


Top