Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pertumbuhan Ekonomi Sehat, Optimisme Konsumen Jawa Barat Menguat

Tingkat optimisme konsumen di Jawa Barat tercatat tumbuh cukup kuat pada kuartal II/2019.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, BANDUNG--Tingkat optimisme konsumen di Jawa Barat tercatat tumbuh cukup kuat pada kuartal II/2019.

Hal ini tercermin dari Indeks Tendensi Konsumen (ITK) Jawa Barat pada kuartal II/2019 mencapai 124,97, dibandingkan dengan kuartal sebelumnya sebesar 104,01.

"Artinya kondisi ekonomi konsumen pada kuartal II/2019 ini meningkat dibandingkan dengan triwulan sebelumnya. Tingkat optimisme konsumen pada kuartal II/2019 ini lebih tinggi," ungkap Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Barat Bachdi Ruswana, Senin (05/08/2019).

Bachdi menambahkan kondisi ekonomi konsumen kuartal II/2019 ditunjukkan dengan adanya peningkatan pendapatan rumah tangga dengan nilai indeks sebesar 132,06, sementara pengaruh inflasi terhadap konsumsi memiliki indeks sebesar 107,36 dan indeks peningkatan volume konsumsi kuartal II/2019 sebesar 130,41.

ITK adalah indikator perkembangan ekonomi terkini yang dihasilkan Badan Pusat Statistik melalui Survei Tendensi Konsumen (STK). ITK merupakan indeks yang menggambarkan kondisi ekonomi konsumen pada triwulan berjalan dan perkiraan triwulan mendatang.

Menurut Bachdi, sampel STK Provinsi Jawa Barat tercatat sebanyak 2.560 rumah tangga pada tahun 2019 ini. Pemilihan sampel dilakukan secara panel setiap kuartal untuk memperoleh gambaran yang lebih akurat mengenai perubahan persepsi konsumen antar waktu.

Pada kuartal III/2019, ITK Jawa Barat diperkirakan sebesar 100,16, kondisi ekonomi konsumen diprediksi lebih baik dari kuartal II/2019, tetapi tingkat kepercayaan atau optimisme konsumen diperkirakan lebih rendah jika dibandingkan kuartal II/2019.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hadijah Alaydrus
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper