Ridwan Kamil Larang Hewan Kurban Dijual di Trotoar

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengeluarkan surat edaran kepada kepala daerah 27 kabupaten/kota di Jabar terkait manajemen kurban, Rabu (31/7/19).
Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 31 Juli 2019  |  11:16 WIB
Ridwan Kamil Larang Hewan Kurban Dijual di Trotoar
Ilustrasi-Hewan Kurban - Antara/Saiful Bahri
Bisnis.com,BANDUNG—Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengeluarkan surat edaran kepada kepala daerah 27 kabupaten/kota di Jabar terkait manajemen kurban, Rabu (31/7/19).

Jelang Iduladha tahun ini, Ridwan Kamil ingin memastikan bahwa tidak ada lagi penjualan hewan kurban yang dilakukan di trotoar atau pinggir jalan. Selain mengganggu hak pejalan kaki, penjualan hewan kurban di trotoar juga dinilai mengurangi keindahan kota.

"Hari ini akan mengeluarkan Surat Edaran Gubernur untuk para bupati dan walikota, saya ingin manajemen kurban yang lebih baik tahun ini. Pertama, tidak boleh ada penjualan hewan kurban yang mengganggu ketertiban umum dengan cara difasilitasi di lapangan, jangan di trotoar yang mengganggu hak pejalan kaki," ujar RK usai melepas tim pemeriksa hewan kurban di halaman Gedung Pakuan, Bandung, Rabu (31/7/2019).

Dalam surat edaran itu, gubernur juga bakal mewajibkan konversi penggunaan kantong kresek untuk daging kurban menjadi besek atau daun pisang. "Saya kira itu budaya daerah yang layak untuk dikembangkan," tambah RK.

Untuk memaksimalkan penjualan dan memfasilitiasi para muzaki (orang yang wajib membayar zakat) yang terbiasa berbelanja online, RK menginginkan penjualan hewan kurban pun bisa dilakukan secara online.

Poin edaran berikutnya terkait pendistribusian daging kurban yang harus dilakukan secara merata. RK tidak ingin penumpukan daging kurban ada di perkotaan, tapi harus merata hingga perdesaan yang membutuhkan.

"Pastikan saat distribusinya ada kemerataan, jangan bertumpuk di kota tapi daging yang dipotong di kota di distribusikan ke pelosok seperti wilayah Jabar selatan yang lebih membutuhkan," katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
iduladha

Editor : Ajijah

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top