Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Indeks Kualitas LH Jabar Masih Di Urutan Lima Terbawah

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Jawa Barat Bambang Rianto mengatakan, Indeks Kualitas Lingkungan Hidup (IKLH) Jawa Barat selalu berada di urutan lima terbawah.
Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 26 Juli 2019  |  13:13 WIB
Ilustrasi - Bloomberg/Luke Sharrett
Ilustrasi - Bloomberg/Luke Sharrett

Bisnis.com,BANDUNG—Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Jawa Barat Bambang Rianto mengatakan, Indeks Kualitas Lingkungan Hidup (IKLH) Jawa Barat selalu berada di urutan lima terbawah.

Bambang menilai sistem tersebut menjadi penanda bahwa semua pihak mesti turun tangan memperbaiki IKLH.

Jika semua pihak memiliki kesadaran dan tujuan yang sama, maka semua aktivitas yang dilakukan harus ramah lingkungan, mulai dari aktivitas rumah tangga, sampai industri.

"Tentunya, ini tidak mungkin dilakukan oleh semata-mata pemerintah. Karena untuk lingkungan hidup ini cukup dengan satu saja, kesadaran berbagai pihak," ujar Bambang di Gedung Sate, Bandung, Jumat (26/7/2019).

Selain itu, Bambang menyatakan, Pemprov Jawa Barat telah melakukan berbagai upaya pelestarian lingkungan, baik berupa infrastruktur, struktur, maupun kultur. Dia pun mencontohkan program Citarum Harum.

Menurut Bambang, Pemprov Jawa Barat bersama dengan Pemerintah Pusat melakukan sosialisi, penyadaran akan pelestarian lingkungan dan kontrol. Tak hanya itu, Pemdaprov Jawa Barat pun melakukan pembenahan infrastruktur dan struktur lingkungan sungai sekaligus mengimplementasikan budaya cinta lingkungan.

"Sekarang juga kita sedang melakukan proper kepada 200 industri tahun ini. Dari situ kan akan kelihatan yang ketegorinya memenuhi (ramah lingkungan) atau tidak," katanya.

Terkait kualitas udara di Jawa Barat, secara umum, masih tergolong baik yaitu 72,18. Adapun penyumbang polusi udara terbesar di Jawa Barat adalah kendaraan bermotor.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pemprov jabar
Editor : Ajijah
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top