Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Petani Jabar Dibekali Ilmu Wirausaha Tingkatkan Penjualan

Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Iwa Karniwa membuka Pelatihan Pemantapan Kewirausahaan bagi Petani dan Peninjauan Pameran Hasil Usaha Para Wirausaha Baru (WUB), serta Gelar Alat Mesin Pertanian (Alsintan) di Aula Balai Pelatihan Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Jawa Barat, Bojong Picung, Cianjur, Selasa (23/7/19).
Kegiatan Sekda Jabar Iwa Karniwa di Kabupaten Cianjur/Istimewa
Kegiatan Sekda Jabar Iwa Karniwa di Kabupaten Cianjur/Istimewa

Bisnis.com, BANDUNG—Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Iwa Karniwa membuka Pelatihan Pemantapan Kewirausahaan bagi Petani dan Peninjauan Pameran Hasil Usaha Para Wirausaha Baru (WUB), serta Gelar Alat Mesin Pertanian (Alsintan) di Aula Balai Pelatihan Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Jawa Barat, Bojong Picung, Cianjur, Selasa (23/7/19).

Iwa mengatakan saat ini Jawa Barat ingin meningkatkan bidang pertanian di daerah seiring perkembangan zaman. Hal ini untuk mengantisipasi peningkatan jumlah penduduk serta banyaknya lahan yang digunakan nonpertanian.

"Makanya langkah ke depan yang dilakukan oleh pemerintah adalah meningkatkan produktivitas lahan pertanian," kata Iwa dalam rilis Humas Jabar.

Langkah pertama meningkatkan produktivitas adalah kesediaan air sepanjang waktu. Saat ini, pemerintah pusat dan provinsi Jawa Barat tengah dalam proses membangun enam waduk. Nantinya, diharapkan indeks panen yang biasanya dua kali dalam setahun, menjadi tiga kali dalam setahun.

"Walaupun ada penurunan luas lahan padi ataupun hortikultura tetapi produktivitas per hektar ton meningkat. Yang sebelumnya 5 ton per hektare sekarang mendekati 6,5 ton pada musim panen," tutur Iwa.

Kedua, lanjut Iwa, adalah penggunaan air yang cukup dan juga pupuk yang tepat. Ketiga adalah pemeliharaan, lalu keempat melakukan peningkatan pengetahuan petani soal bercocok tanam yang tepat.

Langkah kelima juga terakhir merujuk penurunan jumlah petani, maka petani yang ada saat ini harus dipertahankan dan dibekali dengan wawasan kewirausahaan.

"Petani pun harus diupayakan mempunyai pengetahuan entrepreneur atau wirausaha baru," ucap Iwa.

Berdasarkan data, wirausaha baru yang telah dilatih oleh Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Provinsi Jawa Barat sejak 2015-2018 mencapai sekira 3.200 petani atau pelaku usaha.

"Dan pelatihan kali ini bukan pelatihan dari yang baru, tapi pelatihan yang sudah melakukan pelatihan lalu kami latih lagi sekaligus evaluasi, sejauh mana pelatihan tersebut bisa berdampak pada tingkat usaha," ujar Iwa

"Tadi saya evaluasi, dari 90 orang itu ternyata yang tadinya hanya dikerjakan sendiri, dipasarkan sendiri dan lain sebagainya sekarang dia sudah mempunyai tenaga kerja. Serta sudah ada peningkatan dari sisi kemasan dan sisi penjualan," tambahnya.

Iwa juga mengatakan Provinsi Jawa Barat berupaya meningkatkan pasar, khususnya lewat digitalisasi marketing bekerjasama dengan marketplace dan pihak terkait seperti blibli.com dan Bukalapak.

Pun dengan dukungan kebijakan dari Pemdaprov Jawa Barat, pertumbuhan ekonomi di Jawa Barat sebesar 5,64% menjadi yang tertinggi di Indonesia. Sedangkan inflasi dapat dijaga dalam kondisi wajar yakni sebesar 3%.

Data menunjukkan terjadi penurunan angka kemiskinan pada 2017-2018 dari 8,7% menjadi 7,3% atau terjadi penurunan hampir 0,8%.

"Sehingga berdasarkan data dan fakta tersebut maka kami semakin mantap untuk meningkatkan (pengetahuan) petani. Bukan hanya pengetahuan pertanian, bukan hanya bahan baku yang dijual, tapi juga belajar (menjual) bahan jadi yang siap dimakan oleh masyarakat berikut juga memasarkannya," tutup Iwa.

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Jawa Barat Hendi J melaporkan jumlah peserta selama pelatihan selama lima hari adalah 90 orang.

Peserta berasal dari Kabupaten Ciamis, Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Garut, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Subang, Kabupaten karawang, Kabupaten Bekasi, Kabupaten Cianjur, hingga Kabupaten Bogor.

"Sasaran dari pelatihan ini, peserta akan mempunyai jaringan yang luas, agar lebih menarik dari segi packaging, perbaikan kualitas dari produk pangan (baik yang sudah diolah atau belum)," kata Hendi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper