Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jabar Siapkan 53.000 Smartphone Untuk RW

Pemprov Jabar mulai merealisasikan bantuan anggaran pengadaan smartphone bagi seluruh pengurus RW.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, BANDUNG—Pemprov Jabar mulai merealisasikan bantuan anggaran pengadaan smartphone bagi seluruh pengurus RW.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Jabar Dedi Sopandi mengatakan penyediaan gawai dilakukan melalui dana bantuan. Program pengadaan gawai yang diberi nama 'Sapa Warga' ini bertujuan mendukung desa digital.

Rencananya pencairan bantuan sebesar Rp127 juta per desa dilakukan secara bertahap. Dana bantuan keuangan desa itu diperuntukan untuk pembangunan infrastruktur, pembinaan aparatur desa hingga pengadaan ponsel pintar untuk setiap RW.

"Besaran bantuan tiap desa itu Rp127 juta per desa. Terdiri dari ada infrastrukturnya, ada pembinaan aparatur kurang lebih di Rp15 juta dan sisanya untuk Sapa Warga,” katanya di Gedung Sate, Bandung, Selasa (23/7/2019).

Dedi perkirakan akan ada sekitar 53.000 gadget yang dipegang pengurus RW nantinya dari total 5.312 desa di Jabar. Namun, sejauh ini baru sekitar 10.397 gadget yang sudah dibeli perangkat desa dari dana bantuan Pemprov Jabar.

"Ketika handphone itu sudah tersampaikan ke RW maka inilah yang bagian dari konsep desa digital," katanya.

Dia menjelaskan nantinya setiap smartphone yang dipegang pengurus RW akan disematkan aplikasi 'Sapa Warga'. Nantinya dalam aplikasi tersebut, berfungsi sebagai layanan publik, informasi dan pengaduan.

"Yang sebagai layanan publik, di dalamnya nanti akan berisi konten tentang perizinan. Ada juga konten tentang e-samsat , ada juga tentang berita info lelang dan sebagainya. Yang ngisi konten di sapa warga itu berada dalam ranah Diskominfo," tuturnya.

Dia mengatakan program 'Sapa Warga' ini akan diluncurkan secara resmi bulan depan. Sebelum itu, Diskominfo Jabar akan terlebih dahulu memberikan pembekalan mengenai penggunaan aplikasi 'Sapa Warga agar bisa dimanfaatkan secara maksimal.

“Isi konten dan sosialiasi termasuk rencana pembekalan itu ada di Diskominfo," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper