Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bima Arya Incar Wilayah Potensial Kabupaten untuk Perluasan Kota Bogor

Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto menyebutkan bahwa Pemerintah Kota Bogor mengincar wilayah-wilayah yang potensial di Kabupaten Bogor pada wacana perluasan wilayah Kota Bogor.
Wali Kota Bogor Bima Arya/Antara
Wali Kota Bogor Bima Arya/Antara

Bisnis.com, BOGOR  - Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto menyebutkan bahwa Pemerintah Kota Bogor mengincar wilayah-wilayah yang potensial di Kabupaten Bogor pada wacana perluasan wilayah Kota Bogor.

"Kriterianya yang bisa meningkatkan daya dukung wilayah terhadap perkembangan penduduk, yang kedua sejalan dengan konsep integrasi Jabodetabek," jelasnya kepada Antara di Bogor, Senin.

Bukan tanpa alasan, menurut Bima kriteria tersebut sesuai dengan konsep pembangunan kebutuhan fasilitas transportasi yang nantinya saling terintegrasi di Jabodetabek.

"Nanti light rail transit (LRT) masuk Paling lambat dua tahun lagi, jadi kalau mau diperluas harus sejalan dengan konsep Jabodetabek yang terintegrasi tadi," kata Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) itu.

Meski begitu, hingga kini pihaknya belum mau menunjuk wilayah mana saja di Kabupaten Bogor yang akan dijadikan sasaran perluasan wilayah Kota Bogor. Ia menyebutkan, Pemkot Bogor akan terlebih dahulu melakukan kajian melalui tim yang baru saja dibentuknya.

Bima mengatakan, perluasan Kota Bogor menjadi suatu keharusan, mengingat pertumbuhan penduduk di Kota Bogor yang terbilang tinggi, tapi luas wilayahnya menempati urutan kedua terkecil setelah Kota Cimahi di Provinsi Jawa Barat.

"Tren pertumbuhan penduduk Bogor cukup tinggi, harus diantisipasi dukungannya, pertama sudah diantisipasi penyesuaian Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW), zonasinya diatur, kalau enggak diatur kacau," bebernya.

Menurut Bima, selain memikirkan perluasan wilayah, Pemkot Bogor juga tengah mengalihkan fokus pembangunan dari pusat perkotaan di wilayah tengah, menuju wilayah Utara Kota Bogor, sehingga pembangunan tidak menumpuk di pusat kota.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Ajijah
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper