Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sekda Jabar: Pemprov Mulai Terapkan Birokrasi 4.0

Pemerintah Provinsi Jawa Barat memasang target kinerja birokrasi bukan lagi terbaik dari 33 provinsi di Indonesia, tapi nomor satu di Asia Tenggara.
Sekda Jabar Iwa Karniwa/Bisnis-Wisnu Wage
Sekda Jabar Iwa Karniwa/Bisnis-Wisnu Wage

Bisnis.com,BANDUNG—Pemerintah Provinsi Jawa Barat memasang target kinerja birokrasi bukan lagi terbaik dari 33 provinsi di Indonesia, tapi nomor satu di Asia Tenggara.

Sekda Jabar Iwa Karniwa mengatakan target tersebut berat dan harus didorong seluruh ASN Pemprov Jabar. "Apabila kita ingin capai ke arah sana, maka mutlak harus dilakukan perbaikan tata kelola kepegawaian," ujarnya di Gedung Sate, Bandung, Jumat (12/7/2019).

Menurut Iwa, tata kelola kepegawaian yang sedang didorong saat ini adalah sistem birokrasi yang mengedepankan sistem merit. Melalui sistem yang berorientasi kinerja dan prestasi, maka pimpinan akan mudah menyaring ASN berkualitas baik secara jenjang karier dan kompetensi.

Iwa merujuk kepada pelantikan pejabat eselon III di Aula Barat Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (1/7/19) oleh Gubernur yang menurutnya hasil penilaian berdasarkan sistem merit.

“Itu udah menggunakan, paling tidak sudah mendekati merit ya. Karena pola-pola yang digunakan adalah ada tiga penilaian. Pertama, penilaian sesuai dengan peraturan gubernur dan peraturan yang lebih tinggi. Kedua adalah hasil peer review, dan ketiga adalah hasil penilaian kompetensi. Sehingga diharapkan dengan hasil ini kinerjanya menjadi lebih baik,” jelas Iwa.

Menurut Iwa, Birokrasi 3.0 sebenarnya masih dapat ditingkatkan menjadi Birokrasi 4.0. Jika sudah demikian, maka rekrutmen pejabat melalui lelang terbuka sudah tidak diperlukan lagi melainkan sudah bersifat talentfull. Sehingga orang-orang yang dibutuhkan tinggal bagaimana ditempatkan pada posisi yang tepat sesuai dengan kapasitas dan juga passion.

Sekda lalu meminta seluruh ASN mampu meningkatkan kinerja dan capaian pengetahuan. “Itulah yang akan menolong untuk bisa duduk di salah satu posisi, jadi tanpa itu mereka tidak akan mungkin bisa,” kata Iwa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper