BUMD Milik Pemprov Jabar Tak Merugi Cuma Belum Mampu Setor Dividen

Kinerja BUMD milik Pemprov Jawa Barat dinilai mulai membaik meski masih ada yang kesulitan menyetor dividen pada pemegang saham.
Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 11 Juli 2019  |  17:58 WIB
BUMD Milik Pemprov Jabar Tak Merugi Cuma Belum Mampu Setor Dividen
Ilustrasi - Antara

Bisnis.com,BANDUNG--Kinerja BUMD milik Pemprov Jawa Barat dinilai mulai membaik meski masih ada yang kesulitan menyetor dividen pada pemegang saham.

Kepala Biro Sarana Perekonomian, Investasi, dan BUMD Setda Jabar Noneng Komara Nengsih mengatakan dari sekian banyak BUMD ada yang keuntungannya langsung digunakan untuk biaya operasional dan pengembangan usaha. 

"Sehingga mereka tidak bisa menyetor dalam bentuk dividen ke kas daerah," katanya di Bandung, Kamis (11/7/2019).

Dia mengakui dari perencanaan bisnis setiap BUMD semua perusahaan itu akan memberikan PAD dengan jumlah signifikan dalam beberapa tahun lagi. Namun, kini Pemprov Jabar ingin segera membuat penyesuaian sehingga semua BUMD ini bekerja maksimal dan memberikan penghasilan secepatnya kepada kas daerah.

"Kami melakukan restrukturisasi untuk efisiensi dan meningkatkan profesionalitas. Untuk mengisi jajaran direksi, dimungkinkan dilakukan open bidding atau seleksi terbuka. Nanti akan kami umumkan mana yang masih kosong, syaratnya apa, supaya lebih profesional," katanya. 

Dalam catatan Bisnis, 2013 lalu Pemprov Jabar pernah menutup PDAP BUMD yang bergerak dalam usaha perkebunan dan tambang. Namun proses penutupan sampai saat ini masih berlarut-larut terutama urusan aset yang tercecer.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
BUMD Jabar

Editor : Ajijah

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top