Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Distribusi Air PDAM 58 Kelurahan di Kota Bandung Terancam Terhambat

Sebanyak 58 kelurahan di Kota Bandung diprediksi mengalami hambatan distribusi air dari PDAM Tirta Wening.
Kantor PDAM Tirta Wening di Bandung, Jawa Barat./Antara-Bagus Ahmad Rizaldi
Kantor PDAM Tirta Wening di Bandung, Jawa Barat./Antara-Bagus Ahmad Rizaldi

Bisnis.com, BANDUNG – Sebanyak 58 kelurahan di Kota Bandung diprediksi mengalami hambatan distribusi air dari PDAM Tirta Wening, sebagai imbas dari perbaikan atau inspeksi yang dilakukan di PLTA Cikalong, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Kepala Sub Bidang Hubungan Masyarakat PDAM Tirta Wening, Muhammad Indra Pribadi mengatakan perbaikan PLTA Cikalong tersebut akan berimbas karena pihaknya memanfaatkan air baku yang dihasilkan oleh PLTA tersebut.

"Karena kita memanfaatkan air baku hasil dari pengolahan dari PLTA Cikalong, jadi air limpasan lah namanya. Kalau PLTA Cikalong tidak berproduksi ya berarti tidak ada air yang keluar," kata Indra di Kantor PDAM Tirta Wening di Bandung pada Rabu (10/7/2019).

Air limpasan PLTA Cikalong mengalir dengan jarak 32 km hingga Insatalasi Pengolahan Air (IPA) Badak Singa di Kota Bandung. IPA Badak Singa, kata Indra, merupakan alat raksasa yang dapat mengolah air dan mengalirkan 1.800 meter kubik air per detik.

Namun menurutnya, selama aktivitas inspeksi di PLTA Cikalong sedang dilakukan, IPA Badak Singa tidak dapat bekerja secara optimal.

“Ini bisa mengakitbatkan penurunan 400 meter kubik air per detik di IPA Badak Singa, jadi hanya bisa mengalir 1.400 meter per detik,” kata Indra.

Berdasarkan data PDAM Tirta Wening, dampak dari aktivitas inspeksi tersebut diprediksi akan dialami oleh 58 kelurahan di Kota Bandung yang terbagi di dua wilayah, yakni Bandung Timur dan Bandung Barat.

Di Wilayah Bandung Timur, misalnya, Kecamatan Cihampit, Citarum, Jatisari, Cijaura, hingga Cicaheum tersebut bisa mengalami kekurangan sumber air bersih. Di wilayah ini terdapat sekitar 40 kelurahan yang terdampak.

Sementara itu di wilayah Bandung Barat, terdapat sekitar 18 kelurahan yang terdampak. Di antaranya ialah Kecamatan Ancol, Sawah Kurung, Pasir Luyu, dan Cibaduyut.

Aktivitas inspeksi tersebut menurut laporan yang ia terima, akan berlangsung hingga sore hari ini. Walaupun demikian, menurutnya IPA Badak Singa baru dapat kembali beroperasi normal paling lambat dalam dua hari ke depan.

“Sebetulnya sore ini harusnya sudah selesai. Namun untuk kami sendiri itu bisa normal kembali ke pelanggan selama 1-2 hari, karena jeda kosonog pada pipa menyebabkan masuknya udara, dan itu biasanya menyebabkan hambatan” ujarnya.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, menurut Indra, PDAM Tirta Wening telah berupaya menambal kekurangan debit air tersebut dengan mengaktifkan sumber air di Intake air Dago Bengkok (Kecepatan 550 meter kubik per detik) dan di Intake air Kawasan Sabuga (dengan kekuatan 100-130 meter kubik per detik).

“Jadi, memang itu sudah biasa. Kalau misalnya ada gangguan, dua sumber air itu tinggal diaktifkan saja. Tinggal dikoordinasikan dengan petugas, dan berlangsung singkat,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper