Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Digugat Soal Kualitas Udara Buruk, Ridwan Kamil Siapkan Langit Biru

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil turut digugat atas kualitas udara di DKI Jakarta oleh sebuah koalisi warga Jakarta. 
Ridwan Kamil/Bisnis-Wisnu Wage
Ridwan Kamil/Bisnis-Wisnu Wage
Bisnis.com,BANDUNG—Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil turut digugat atas kualitas udara di DKI Jakarta oleh sebuah koalisi warga Jakarta. 
Ridwan Kamil mengatakan gugatan tersebut akan dihadapi oleh Pemprov Jabar secara formal prosedural. Namun dia memastikan pihaknya tidak abai terhadap perbaikan kualitas udara.
Menurutnya Jawa Barat sudah memulai program LANGIT BIRU yang mengadopsi keberhasilan Kota Bandung yang pada tahun 2017 lalu terpilih sebagai Kota Terbersih udaranya se ASEAN.
“Karena Kota Bandung menerapkan beragam inovasi dan kebijakan (Perwal Green Building-menanam pohon di atap, pelarangan bakar sampah, uji emisi, Car free day, Bike To School/Work, Urban Farming, Perbanyak Taman hijau. Puluhan titik pantau udara) termasuk menggunakan teknologi nuklir dari BATAN untuk memantau kualitas udara kota,” paparnya di Bandung, Senin (8/7/2019).
Hal yang sama menurutnya sedang diprogramkan dan sebagian sudah dilaksanakan di Depok, Bogor dan Bekasi. 
“Tahun 2019 ini penanganan kualitas udara dari industri di|akukan di 280 industri termasuk memberi sanksi kepada yang terbukti melanggar sesuai Perda 11 tahun 2006 tentang Pengendalian Pencemaran Udara,” ujarnya.
Pihaknya melansir pada Tahun 2018 indeks kualitas udara Jawa Barat 72,8 (kategori baik) karena standar minimalnya 50. 
Dua sendiri menilai urusan dimensi pembangunan yang kompleks seperti ini sebaiknya diselesaikan dengan duduk bersama bukan dengan gugat menggugat. “Karena para penggugat pun saya yakini sedikit banyak ikut berkontribusi pada polusi udara di kotanya,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper