Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bisnis.com, BANDUNG — Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung akan segera menata Pedagang Kaki Lima (PKL) Cicadas. Kepastian tersebut didapat usai masuknya dukungan dari perusahaan telekomunikasi Telkomsel untuk mendukung penataan PKL Cicadas.

“Telkomsel minta desain, ukuran dan segalanya. Mereka minta waktu, mudah-mudahan minggu ini menyampaikan ke Pemkot Bandung. Pada dasarnya mereka sudah ada minat untuk membantu menata PKL Cicadas,” kata Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Senin (1/7).

Yana yang juga Ketua Satuan Tugas Khusus (Satgasus) PKL menuturkan, penataan kios yang berada di sepanjang trotoar Jalan Ahmad Yani tersebut akan tetap mempertahankan fungsi pedestrian.

Yana mengungkapkan, Telkomsel serius untuk menopang seluruh pembuatan kios guna menampung 602 pedagang. Pemkot Bandung tidak mengelola anggaran yang dialokasikan dari Coorporate Social Responcibility (CSR) dari Telkomsel tersebut.

“Pengadaan tenda sama mejanya, pokoknya untuk tempat berdagang mereka saja. Saya tidak tahu nilainya. Kita hanya terima manfaatnya aja. Materialnya harus menyesuaikan. Terpenting ukuran sama desain awalnya tidak berubah,” jelasnya.

Kendati menerima bantuan penuh, namun Yana memastikan Pemkot Bandung tetap akan memperhatikan regulasi, seperti adanya promosi merek dagang. Oleh karenanya Pemkot Bandung akan menghitung perihal retribusi pajak yang harus dibayarkan oleh Telkomsel.

“Ada branding coorporate-nya tapi nanti kita kaji lagi. Kita hitung pajaknya, kalau mereka bangun dulu mungkin ada keringanannya,” ulasnya.

Untuk saat ini, Yana menuturkan Pemkot Bandung bersama Telkomsel akan segera menata PKL Cicadas.

Paling tidak kata dia, sambung Yana, pada Juli ini bisa memulai penataan secara bertahap. Karena, dia sudah memetakan keberadaan PKL Cicadas ini dibagi dalam lima koridor.

“Kemungknan kalau desain dalam 2-3 hari ketemu. Kalau RAB (Rencana Anggaran Biaya) ketemu, mungkin minggu depan sudah bisa produksi. Jadi tahap pertama bisa dilaksanakan Juli ini,” katanya. (K34)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper