Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

MUDIK 2019: Lelang Perbaikan Lambat, Jabar Genjot Anggaran Pemeliharaan Jalan

Bisnis.com,BANDUNG—Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Jawa Barat memastikan tingkat kemantapan jalan ruas provinsi yang akan menjadi lintasan mudik sudah tinggi dan baik meski lelang perbaikan lambat.
 
Kepala Bidang Pemeliharaan Pembangunan Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Jabar Agus Hendarto mengatakan dari 2.360 kilometer ruas provinsi kondisinya sudah di atas 90%. 
 
“Saat ini kondisinya 91% mantap, hanya beberapa titik yang kondisinya bergelombang karena usia kontruksi terlampaui dan perlu peningkatan,” katanya di Gedung Sate, Bandung, Selasa (21/5/2019).
 
Meski lelang untuk perbaikan dan rehabilitasi jalan milik provinsi masih berjalan, Agus memastikan pihaknya menggenjot upaya pemeliharaan. 
 
“Kami melakukan pemeliharaan jalan sejak awal tahun, namun karena sama-sama diketahui volume lalu lintas mudik pasti melonjak, sehingga kami secara dini mengintensifkan lagi pemeliharaan karena lelang rehabilitasi masih proses pengadaan,” tuturnya.
 
Mengingat Jabar sebagai lintasan dan tujuan mudik pihaknya kini mengejar upaya tambal sulam di wilayah jalur Cijapati alternatif menuju Garut, Cagak Sumedang.
 
“Kami juga sudah meminta agar galian utilitas di wilayah Subang segera diselesaikan dan bahu jalan aman untuk dilalui,” katanya.
 
Sementara dalam pemantauan pihaknya Pusat juga masih terus melakukan pemeliharaan sejumlah ruas khususnya di wilayah Tasikmalaya. “Mereka memajukan sedikit jadwal, karena kontraknya sudah per segmen, jadi jalur-jalur mudik dirawat terus,” ujarnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper