Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bisnis.com, BANDUNG — Harga bawang merah dan bawang putih melonjak, baik di pasar tradisional maupun pasar modern Kota Bandung. Hal tersebut didapat usai sidak yang dilakukan oleh Tim Satuan Tugas (Satgas) Ketahanan Pangan Jawa Barat ke sejumlah pasar modern dan tradisional.

"Bawang putih ada lonjakan sampai Rp55.000/kg. Acuannya sebenarnya itu Rp32.000/kg. Kemudian bawang merah ada lonjakan sampai Rp50.000," kata Ketua Satgas Pangan Jabar Samudi di Pasar Baru, Kota Bandung, Selasa (30/4/2019).

Samudi mengatakan, pihaknya akan mengecek penyeban kenaikan harga bawang tersebut. Terlebih dalam waktu dekat masyarakat akan menghadapi Ramadan.

"Tentunya tim yang sudah bergabung dengan Satgas Ketahanan Pangan akan mengecek ke hulu. Kenapa ini harga di pasaran harga bawang putih itu sampai Rp55.000," katanya.

Berdasarkan analisa awal, kenaikan harga tersebut pengaruh dari pasar di daerah yang mematok harga bawang putih cukup tinggi. Selain itu, dia juga mengatakan harga di pasar baru terpengaruh dari segmentasi masyarakat yang menengah keatas.

Meski demikian, pihaknya memastikan akan melakukan pengecekan ke gudang-gudang distributor dan importir agar tidak terjadi praktik penimbunan pasokan. "Jangan sampai importir ini sengaja menahan disana sehingga membuat harga melonjak," tegasnya.

Sementara itu, berdasarkan sidak tersebut, kebutuhan pokok yang lainnya seperti telur, daging sapi, ayam, dan beras masih di harga rata-rata.

Dia berharap, kebutuhan pokok lainnya tidak mengalami kenaikan harga jelang Ramadhan ini. Sehingga, tidak ada upaya penimbunan pasokan barang yang akan berakibat pada kenaikan harga jual lantaran kelangkaan barang di pasaran.

"Jadi bagi siapapun importir yang sengaja nanti melakukan penimbunan tentunya akan ada sanksi dari kita," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Tegar Arief

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper