Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bisnis.com,BANDUNG — Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil akan melakukan perjalanan dinas ke Aljazair dan sejumlah kawasan di Timur Tengah.

Kunjungan ini dilakukan di tengah adany demo besar-besaran di Aljazair yang meminta Presiden Abdelaziz Bouteflika mundur. Ridwan Kamil mengatakan, ada enam agenda besar yang akan dibawa ke kawasan tersebut.

"Pertama ada dua sister province di Maroko dan Aljazair yang harus saya tanda tangan MoU-nya,” katanya di Gedung Sate, Bandung, Rabu (6/3/2019).

Kunjungan itu juga terkait dengan upaya Pemprov Jabar untuk menggaet investor dari kawasan tersebut. Menurutnya selain Asia Timur investor asal Timur Tengah cukup potensial.

“Kenapa saya ke Timur Tengah, karena saya ingin investasi di Jabar didominasi oleh Asia Timur oleh Singapura, Jepang dan Tiongkok. Kami ingin investasi di Jabar banyak dari negara muslim di Timur Tengah itu alasannya. Makanya saya belajar bahasa Arab lagi tiga bulan, besok dipraktikkan,” tuturnya.

Kedua, kunjungan itu dalam rangka menjalankan tugas dari Wakil Presiden RI Jusuf Kalla untuk mencari donatur pembangunan Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII). Pasalnya, APBN baru bisa mendanai sepertiga dari total kebutuhan tersebut. Diharapkan, dua per tiga sisanya didanai oleh donator luar negeri.

“Misalkan gedung satu dari negara tertentu, gedung dua juga karena ini sifatnya internasional. Agenda ketiga saya diminta pemerintah Aljazair untuk mendesain alun-alun Sukarno di Aljazair. Karena Aljazair merdeka terinspirasi oleh Konferensi Asia Afrika dan semangat Bung Karno,” tuturnya.

Keempat, pihaknya juga tengah mempromosikan segitiga Rebana supaya investasinya datang dari Timur Tengah. “Karena mesin Jabar ini tidak mungkin ngabret tanpa imvestasi. Nah investasinya harus saya seimbangkan geopolitiknya,” ujarnya.

Kemudian agenda berikutnya adalah kunjungan ke Dubai terkait rencana kolaborasi memanfaatkan banyak penerbangan internasional ke Kertajati. Gubernur juga memastikan ini terkait dengan rencana Kertajati sebagai bandara kargo.

“Ini sangat diminati. Bandara kargo ini salah satu yang terbaik di dunia ada di Dubai dan Abu Dhabi. Jadi dalam satu rangkaian saya mengunjungi Maroko, Aljazair, Dubai, dan Abu Dhabi. Waktunya seminggu,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Tegar Arief

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper