Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penyegelan Hotel de Java di Jalan Sukajadi/Bisnis
Penyegelan Hotel de Java di Jalan Sukajadi/Bisnis

Bisnis.com, BANDUNG -- Pemerintah Kota Bandung kembali menyegel hotel. Kali ini adalah Hotel de Java Jalan Sukajadi yang dinilai menyalahi Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana yang memimpin penyegelan menegaskan, Hotel de Java menyalahi aturan soal tinggi bangunan. Dalam IMB tertera, hotel tersebut akan membuat bangunan setinggi empat lantai. Namun faktanya, terdapat enam lantai.

"Ini penyalahgunaan IMB yang sudah memiliki izin tapi 4 lantai tapi lebih. Makanya kita segel. Dua lantainya ini yang kita segel," kata Yana usai menyegel dua lantai di Hotel de Java, Jalan Sukajadi, Bandung, Kamis (28/2).

Kedua lantai yang disegel berfungsi untuk beberapa keperluan. salah satu lantainya yakni terdapat ballroom atau ruang pertemuan dan sebuah kolam renang. Sementara satu lantai lagi dijadikan tempat mesin untuk lift.

Pekan lalu, Pemkot Bandung menyegel seluruh bangunan Hotel Sheo Ciumbuleuit. Berbeda dengan sebelumnya, Hotel de Java masih bisa menjalankan usahanya. Karena, penyegelan tidak dilakukan terhadap seluruh bangunan, melainkan hanya lantai 5 dan 6 saja.

"Sementara segel dulu. (Pihak hotel) katanya mau urus izin tambahan untuk dua lantai. Hari ini kita menyegel adua lantai tidak berizin. Ballroom dan dan rumah listrik," ujarnya.

Yana menegaskan, penyegelan ini bukanlah wujud pe‎nolakan terhadap investasi pengembangan pariwisata di Kota Bandung. Justru, penegakan aturan ini agar para pengusaha yang hendak terjun di Kota Bandung bisa berinvestasi dengan aman dan nyaman serta menciptakan iklim bisnis yang sehat.

"‎Intinya Pemkot tidak anti terhadap dunia usaha, termausk investasi. Tapi kami mengimbau teman-teman pengusaha mengikuti aturan. Sehingga pada saat berusaha aman, nyaman dan pemerintah pasti hadir.. Silahkan berinvestasi selama aturan diikuti," jelasnya.

Selain penyalahgunaan IMB, Hotel de Java ini juga belum memperpanjang ‎Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP). Dari data Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung, TDUP Hotel de Java ini sudah habis masa berlakunya per April 2017 silam.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung, Dewi Kaniasari menyatakan, masih sebatas memberikan teguran kepada Hotel de Java, dengan peringatan keras agar segera mengurus perpanjangan TDUP. Apabila Hotel de Java masih nakal dan enggan memperpanjang TDUP, ia memastikan akan menyegel dan memberhentikan operasional seluruh bangunan.

‎"TDUP habis 2017 harusnya diperpanjang, ‎sekarang sebatas masih teguran, saya sudah bicara sama pemilik untuk segera diproses. Kalau TDUP tidak diperpanjang ya sama aja kan sudah ada aturannya," ucap Kenny sapaan akrabnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Tata Ruang, Iskandar Zulkarnaen menyatakan, sesuai Peraturan Daerah (Perda) Nomor 14 Tahun 2018 tentang Bangunan dan Gedung, pihaknya memegang kendali pengawasan bangunan dan gedung di Kota Bandung.

Zulkarnaen mengaku akan mengkaji terlebih dahulu sebelum mengeluarkan izin untuk dua lantai di hotel tersebut. Jika hasil kajian ternyata tidak merekomendasikannya, maka kedua lantai tersebut memungkinkan untuk dibongkar.

"Makanya kita harus lihat dari sisi rekomendasi KBU (Kawasan Bandung Utara), dari sisi intensitas sesuai aturan apakah dari 4 lantai bisa ditambah dua lantai lagi. Perlu ada hitungan, dari sisi keamanan dan lain-lain. Kalau boleh akan kita sanksi dari sana, atau tidak bisa sama sekali harus dibongkar difungsikan buat rooftop,‎" kata Zulkarnaen.

‎Sekalipun tetap diperbolehkan penambahan dua lantai, Zulkarnaen mamastikan Hotel de Java bakal dikenai sanksi. Selama belum turun izin, dia mewanti-wanti agar pengelola jangan mencoba nakal membuka segel di dua lantai tersebut, karena akan berurusan dengan masalah hukum.

"‎Sanksi itu berarti ada beberaa kelebihan bangunan tidak sesuai perizinan. Kita akan beriksan sanksi,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper