Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bisnis.com, BANDUNG -- Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana menilai radio memiliki nilai sejarah di Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Yana saat membuka Pameran Radio Antik untuk memperingati World Radio Day 2019‎, di Museum Kota Bandung, Jalan Aceh, Kota Bandung, Kamis (14/2).

Menurut Yana, selama ini radio sering kali dianggap sebagai media hiburan saja, nyatanya lebih dari itu, radio memiliki nilai sejar dimana radio menjadi salah satu media dalam perjuangan para pejuang merebuk kemerdekaan Indonesia.

"Di sini kita bisa lihat perjalanan radio, bahwa radio itu bukan sakadar media hiburan, ternyata sangat sarat dengan sejarah, karena kita bisa baca di sini, bahwa radio berperan dalam sejarah kemerdekaan Indonesia, luar biasa ternyata radio-radio saksi sejar pun masih ada," ungkap Yana.

‎Selain itu, Yana menilai, di tengah gempuran produk-produk teknologi informasi, radio ‎masih akan tetap eksis karena radio memiliki penikmat tersendiri.

"Radio tetap dibutuhkan, orang mendengar radio itu bisa sambil melakukan kegiatan apapun, sambil masak, sambil nyetir, dan radio lebih bisa up to date, saat itu bisa langsung terinformasikan," ungkapnya.

Ia pun mengaku, memiliki radio antik peninggalan orang tuanya dengan merk "philips". Meski ia tidak tahu persis tahun pembuatanya, tapi Yana mengaku sangat suka terhadap radio-radio antik yang tidak hanya memiliki nilai materi, tapi juga nilai sejarah.

"Punya, merknya Philips, tahunnya gak tahu," jelasnya.

Ia pun berharap, dengan mengangkat tema, "Dialog Toleransi dan Damai", radio mampu menyampaikan pesan-pesan perdamaian di tengah hiruk pikuk pesta demokrasi di 2019 ini.

‎"Yang pasti sangat berkorelasi karena kita akan menghapi pesta demokrasi, jadi mari kita ciptakan kedamaian, jangan perepecahan, kan namanya juga pesta demokrasi, namanya pesta harus senang, rakyat harus senang jangan menjadi sesuatu yang menakutkan," jelasnya.

"Ya mudah-mudahan radio bisa ikut berperan, termasuk media berperan menciptakan suasana layaknya orang yang akan pesta, menyenangkan harus menyenangkan," tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper