Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bisnis.com,BANDUNG--Pemerintah Provinsi Jawa Barat menyerahkan bantuan Rp 2 miliar kepada Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah untuk tanggap darurat bencana alam. 

Bantuan tersebut diserahkan langsung Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum dan diterima Sekda Sulawesi Tengah Mohamad Hidayat di Kantor Setda Sulawesi Tengah, Jumat (19/10/2018).

Dalam rilis, Uu mengatakan pada 4 Oktober 2018 pun Pemprov Jabar sebelumnya sudah mengirimkan 70relawan ke sejumlah titik lokasi bencana di Sulawesi Tengah. Mereka bertugas sampai 26 Oktober 2018, atau sampai masa tanggap darurat berakhir.

"Ini bentuk kepedualian dan silaturahmi kita, dengan cara memberikan bantuan yang tidak seberapa ini. Semoga dapat dimanfaatkan dengan baik dan para relawan dapat bekerja keras membantu para korban bencana," katanya.

Uu berharap para korban bencana yang selamat diberi ketabahan dan korban yang meninggal dunia ditempatkan di tempat terbaik. Pemerintah, katanya, berupaya melakukan tanggap darurat dan rehabilitasi dampak bencana.
 
Sebagai informasi, tim relawan dari Jabar berasal dari BPBD Jabar (16 orang), PMI Jabar (11 orang), Baznas Jabar (2 orang), Humas  (1 orang), dan relawan (40 orang). Selain itu, Pemerintah Provinsi Jabar juga memberikan bantuan uang sebesar Rp 416.400.000 untuk diserahkan kepada Baznas Tanggap Bencana Palu.

Relawan yang merupakan para profesional ini bergabung dalam posko relawan Jabar. Mereka dikerahkan dalam berbagai operasi bantuan sesuai kualifikasinya. Seperi evakuasi/SAR, dapur umum, distribusi bantuan, assessment lanjutan, bantuan medis untuk klinik bergerak, dan klinik tetap, serta bantuan manajemen di posko utama.

Di tempat yang sama, Sekda Sulawesi Tengah, Mohamad Hidayat, mengatakan terima kasih kepada Pemprov Jabar yang telah memberikan bantuannya, baik dalam bentuk maupun tenaga para profesional.

"Bagi kami bantuan ini nilainya sangat besar untuk membantu masyarakat yang terkena bencana. Partisipasi ini meringankan beban para korban," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper