Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Obat Kanker Ini Bikin Rambut Uban Jadi Menghitam Lagi

Penderita penyakit kanker biasanya melakukan pengobatan dengan kemoterapi yang berefek samping yaitu kebotakan. Lain halnya dengan penelitian di Spanyol ini, obat yang diberikan malah membuat rambut beruban menjadi kembali menghitam.
Obat kanker baru yang membuat rambut beruban menjadi menghitam lagi / Daily Mail
Obat kanker baru yang membuat rambut beruban menjadi menghitam lagi / Daily Mail

Bisnis.com, SPANYOL - Penderita penyakit kanker biasanya melakukan pengobatan dengan kemoterapi yang berefek samping yaitu kebotakan. Lain halnya dengan penelitian di Spanyol ini, obat yang diberikan malah membuat rambut beruban menjadi kembali menghitam.

Seperti dilaporkan oleh Daily Mail, peneliti Spanyol ingin menguji obat kanker baru yang berjenis imunoterapi, untuk melihat efek sampingnya. Namun, yang didapat oleh para peneliti adalah hal yang mengejutkan.

Sebanyak 13 pasien dari 52 pasien yang terlibat dalam penelitian tersebut, yang berambut abu-abu berlahan-lahan menjadi coklat atau hitam kembali. Temuan ini dilaporkan dalam sebuah makalah yang diterbitkan dalam jurnal medis JAMA.

Dermatolog di Universitas Autonomous Barcelona, dr. Noelia Rivera, mengatakan bahwa ketika salah satu pasien melaporkan perubahan warna rambut, dia dan rekan-rekannya menganggap itu hanya kasus kelainan saja.

Tapi kemudian mereka memeriksa foto pasien lain sebelum penelitian dan mendapati hal yang sama. Dalam 13 kasus, rambut pasien telah berubah dari abu-abu atau putih menjadi coklat atau hitam.

Studi tersebut juga menemukan bahwa 13 pasien tersebut merespon pengobatan dengan lebih baik dibandingkan pasien lain, yang menunjukkan bahwa pemulihan pigmen pada rambut mungkin merupakan indikasi bahwa obat tersebut bekerja.

Dokter belum memiliki penjelasan untuk perubahan warna rambut, namun berencana untuk mempelajari efek samping dengan lebih baik dan melihat apakah kasus itu merupakan kebetulan saja.

dr. Rivera juga memperingatkan orang untuk tidak mencoba obat kanker baru ini hanya untuk mengatasi efek penuaan pada rambut, karena juga memiliki efek samping yang lainnya yang merugikan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ihya Ulum Aldin
Editor : Ajijah
Sumber : Daily Mail
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper