Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Trump Ancam BMW Soal Pembangunan Pabrik Baru

Presiden terpilih Amerika Serikat Donald Trump mengancam akan mengenakan pajak perbatasan sebesar 35% kepada produsen mobil Jerman BMW atas rencana pembangunan pabrik baru di Meksiko untuk diekspor ke pasar AS.
Ilustrasi/Reuters
Ilustrasi/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden terpilih Amerika Serikat Donald Trump mengancam akan mengenakan pajak perbatasan sebesar 35% kepada produsen mobil Jerman BMW atas rencana pembangunan pabrik baru di Meksiko untuk diekspor ke pasar AS.

Trump menjelaskan hal itu saat diwawancarai surat kabar Jerman, Bild, kemarin (15/1). 

Seorang juru bicara BMW mengatakan pabrik Grup BMW di San Luis Potosi akan memproduksi BMW Seri 3 mulai tahun 2019 untuk pasar dunia. Pabrik di Meksiko itu adalah tambahan dari fasilitas produksi BMW Seri 3 di Jerman dan China.

Trump menegaskan BMW harus membangun pabrik mobil baru di Amerika Serikat karena hal itu dianggap  "lebih baik" bagi perusahaan.

Trump kemudian melanjutkan dengan mengatakan Jerman adalah produsen mobil besar, hal itu dibuktikan dengan banyaknya mobil Mercedes Benz di jalan raya kota New York namun tidak ada timbal balik yang dirasakan.

Di sisi lain, menurut Trump, Jerman tidak membeli mobil produksi Amerika Chevrolet dengan harga yang sama sehingga hubungan bisnis menjadi berjalan satu arah dan tidak adil. 

Kendati demikian, Trump mengatakan dia adalah pendukung sistem perdagangan bebas.

Juru bicara BMW mengatakan perusahaan itu sudah berkontribusi dengan membuka lapangan pekerjaan untuk 70.000 orang di Amerika Serikat, demikian Reuters.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Ajijah
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper