Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penderita HIV/AIDS Rentan Terserang Penyakit TB

Sekretaris Komisi Penanggulangan HIV/AIDS Kabupaten Cirebon Zaenal Abidin mengatakan penderita HIV/AIDS atau biasa dikenal orang dengan HIV/AIDS (ODHA) sangat rentan terserang penyakit tubercolosis (TB).
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, CIREBON—Sekretaris Komisi Penanggulangan HIV/AIDS Kabupaten Cirebon Zaenal Abidin mengatakan penderita HIV/AIDS atau biasa dikenal orang dengan HIV/AIDS (ODHA) sangat rentan terserang penyakit tubercolosis (TB).

Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) bekerjasama dengan sejumlah lembaga swadaya masyarakat (LSM) terus melakukan pencegahan terhadap penyebaran penyakit TB terhadap ODHA.

Zaenal mengatakan penanggulangan penyakit TB perlu melibatkan banyak unsur termasuk KPA yang selama ini bergerak dalam pencegahan dan penagangan penyakit HIV/AIDS.

Dia menuturkan hingga saat ini di Kabupaten Cirebon penderita HIV/AIDS berjumlah 935 orang dan yang paling rentan terhadap penularan penyakit TB di rentang usaia 16-25 tahun.

“Kami beberapa kali melakukan penjangkauan terhadap penderita HIV/AIDS di sejumlah kecamatan untuk pencegahan penularan penyakit TB,” katanya, Selasa (24/3/2015).

Kepala Bidang Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon Engku Nursyamsu mengungkapkan penderita penyakit TB di wilayahnya pada 2014 lalu sebanyak 2994 orang dan tersebar di seluruh kecamatan.

“Penderita penyakit TB bisa periksa gratis, dan jika mengalami gejala batuk-batuk sampai 2 minggu, warga harus segera periksa,” ujarnya. (k3)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Maman Abdurahman
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper