Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Dia Fakta Sejarah Dirgantara Yang Buktikan Kualitas SDM Indonesia

BANDUNG (bisnis-jabar.com) - Pada  17 tahun lalu, tepatnya 10 Agustus 1995, pesawat N250 terbang di atas langit Kota Bandung dalam cuaca yang amat cerah. Peristiwa itu lalu dikenang sebagai Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) Ke-17 yang jatuh tepat hari ini (10/8). Perayaan Hakteknas ke-17 berlangsung di Kota Bandung dan puncaknya diadakan upacara yang dihadiri Bapak Teknologi Nasional Bacharudin Jusuf Habibie.

BANDUNG (bisnis-jabar.com) - Pada  17 tahun lalu, tepatnya 10 Agustus 1995, pesawat N250 terbang di atas langit Kota Bandung dalam cuaca yang amat cerah. Peristiwa itu lalu dikenang sebagai Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) Ke-17 yang jatuh tepat hari ini (10/8). Perayaan Hakteknas ke-17 berlangsung di Kota Bandung dan puncaknya diadakan upacara yang dihadiri Bapak Teknologi Nasional Bacharudin Jusuf Habibie. Habibie mengungkapkan perisitiwa terbang perdana N250 tersebut adalah salah satu dari 5 tonggak sejarah bangsa Indonesia. “Terbangnya pesawat tersebut seolah melambangkan cerahnya masa depan bangsa karena telah mampu menunjukkan kepada dunia kemampuannya dalam penguasaan sains dan teknologi secanggih apapun oleh generasi penerus bangsa,” katanya dalam sambutan saat upacara haktenas ke-17 di area Gedung Sate Bandung, Jumat (10/8). Tonggak sejarah lainnya yaitu berdirinya Budi Utomo (Hari Kebangkitan Nasional), sumpah pemuda (Hari Sumpah Pemuda), proklamasi kemerdekaan Indonesia dan kebangkitan demokrasi. Menurut Habibie, 10 tahun sebelum terbang perdana, telah dimulai riset dan pengembangan pesawat N250. Semua hasil penelitian dari pusat-pusat keunggulan penelitian di Eropa dan Amerika Utara dalam bidang ilmu dirgantara, aerodinamik, aerolastik, konstruksi ringan dan sebagainya telah dikembangkan dan diterapkan di industri IPTN, Puspitek, BPPT serta ITB. Sebelum terbang perdana N250 tepatnya 9 bulan sebelumnya, Habibie diberi medali emas Edward Warner Award-50 Tahun International Civil Aviation Organisation (ICAO). Medali tersebut membuktikan Habibie sebagai tokoh yang dianggap paling berjasa dalam industri dirgantara sipil dunia. Peristiwa terbang perdana N250 dan pemberian medali pada Habibie membuktikan kualitas SDM Indonesia sama dengan kualitas SDM masyarakat dunia. (k60/ajz)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Newswire

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper