Jawa Barat - Bisnis.com
Jum'at, 24 Mei 2019
header atas

Jabar Siapkan Embarkasi Haji Sementara Di Bandara Kertajati

Wisnu Wage Jum'at, 12/04/2019 10:52 WIB
Jabar Siapkan Embarkasi Haji Sementara di Bandara Kertajati
Bandara Kertajati
Istimewa

Bisnis.com,BANDUNG—Pemerintah Provinsi Jawa Barat tengah mendorong Bandara Kertajati, Majalengka berfungsi sebagai embarkasi haji sementara guna mengefektifkan bandara yang dikritik sepi tersebut.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan pihaknya bersama PT Bandarudara Internasional Jawa Barat (PT BIJB) menyusun rencana embarkasi haji sementara 2019 guna mengisi kekosongan penerbangan komersil.

“Nah langkah pertama adalah rencananya kita akan memutuskan haji insya Allah tetap di sana,” katanya di Gedung Sate, Bandung, Kamis (11/4). 

Rencananya, PT BIJB akan merenovasi lantai atas terminal Kertajati sebagai asrama haji sementara. Langkah ini meniadakan opsi awal asrama sementara akan dibangun di kawasan Cirebon sebelumnya.

“Kita akan merenovasi lantai atasnya untuk asrama hajinya jadi tidak di tempat lain. Jadi lantai bawah penumpang bawahnya asrama. Jadi nginep di atas turun langsung take off, itu dulu,” ujarnya. 

Ridwan Kamil berharap jika Kementerian Agama menyetujui maka seluruh kloter haji dari Jawa Barat bisa berangkat dari Kertajati. Pihaknya mengaku sudah menugaskan Sekda Jabar dan PT BIJB untuk segera memproses usulan ini.

“Semuanya, untuk Jabar insya Allah. Keputusannya dari Kemenag sedang diproses oleh Pak Sekda,” paparnya.