Jawa Barat - Bisnis.com
Jum'at, 24 Mei 2019
header atas

Ridwan Kamil Nekad Pidato Pakai Bahasa Arab

Wisnu Wage Rabu, 13/03/2019 16:18 WIB
Ridwan Kamil Nekad Pidato Pakai Bahasa Arab
Ridwan Kamil

Bisnis.com,BANDUNG—Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengaku memberanikan diri berpidato dalam bahasa Arab saat berada di Maroko dan Aljazair.

Ridwan Kamil mengatakan berbekal belajar bahasa Arab selama 3 bulan dirinya mencoba mengaktualisasikan diri mengingat kunjungannya ke Timur Tengah dalam rangka menguatkan relasi dan investasi dari kawasan tersebut. “Saya berbahasa Arab di pengantar pidato. Semua audience kaget tapi senang dan memberi apresiasi,” katanya saat berkorespondensi dengan media di Bandung, Rabu (13/3/2019).

Diakuinya, selain memudahkan diri dalam berkomunikasi juga bernegoisasi, belajar bahasa Arab mempermudah dirinya dalam menghapal surat-surat Al Quran. Ridwan Kamil sendiri memposting sejumlah pidatonya berbahasa Arab di akun sosial media pribadinya.

Muhibahnya ke Souss Massa Maroko dan Setif Aljazair sendiri menurutnya menguatkan kerjasama di bidang pertanian, industri, dan investasi di segitiga Rebana. Dalam jangka pendek, adalah jualan komoditas kopi. “Dengan simbol akan adanya kafe di kota-kota mereka dengan kopi Jawa Barat,” tuturnya.

Sementara di kota Aljiers disepakati akan ada monument Bung Karno di bundaran strategis kota tersebut. Menurutnya pihak pemerintah di sana sangat hormat pada Bung Karno dan Konfrensi Asia Afrika 1955. “Karena itu pendiri Aljazair datang ke Bandung saat itu, tersemangati dasa sila Bandung dan 7 tahun kemudian Aljazair merdeka dari Perancis,” paparnya.

Rencananya patung tersebut jika dilihat dari atas akan ada bulan sabit sebagai lambang negara tersebut. “Patung Bung Karno dikelilingi lima pilar artinya lima sila Pancasila,” ujarnya.