Jawa Barat - Bisnis.com
Jum'at, 22 Maret 2019

Penalti Rashford Antar MU Ke Perempat Final Liga Champions

Newswire Kamis, 07/03/2019 08:41 WIB
Penalti Rashford Antar MU ke Perempat Final Liga Champions

Bisnis.com, JAKARTA-Penyerang Manchester United, Marcus Rashford, sukses mengeksekusi tendangan penalti pada masa injury time untuk memastikan kemenangan 3-1 atas Paris Saint-Germain dalam laga kedua putaran 16 besar Liga Champions di Stadion Parc des Princes, Paris, Prancis, Kamis dini hari WIB.

Skor itu sekaligus memastikan United lolos ke perempat final setelah memiliki keunggulan gol tandang dalam skor agregat 3-3, demikian catatan laman resmi UEFA.

United menjadi tim kedua yang lolos ke perempat final setelah menelan kekalahan di laga pertama putaran 16 besar setelah sehari sebelumnya, Ajax berhasil menyingkirkan Real Madrid berkat kemenangan 4-1 di Santiago Bernabeu.

United tampil agresif sejak tendangan mula pertandingan dan hanya membutuhkan waktu 110 detik untuk membuka keunggulan lewat gol penyerang Romelu Lukaku.

Berawal dari umpan buruk Thilo Kehrer untuk Thiago Silva yang terlalu lemah, Lukaku berhasil merebut bola sebelum menusuk ke dalam kotak penalti dan mengecoh kiper Gianluigi Buffon sebelum melepaskan tendangan dari sudut sempit untuk membawa United unggul.

Namun keunggulan itu tak bertahan lama, sebab Juan Bernat menyamakan kedudukan pada menit ke-12 saat ia berhasil menyambut umpan tarik Kylian Mbappe di muka gawang, memanfaatkan keteledoran Eric Bailly yang tak melakukan sapuan.

Gol itu mengangkat moral PSG, namun tembakan keras Bernat pada menit ke-20 masih bisa diselamatkan oleh kiper David de Gea.

Di tengah tekanan yang dilancarkan tuan rumah, United justru sukses merestorasi keunggulan setelah lagi-lagi sebuah kesalahan terjadi di lini belakang PSG.

Berawal dari tembakan jarak jauh yang melesat ke sudut gawang, Buffon gagal melakukan antisipasi sempurna dan bola malah muntah di dalam kotak penalti di mana Lukaku berdiri bebas untuk menyarangkan ke dalam gawang.

Dalam keadaan tertinggal PSG memasuki babak kedua dengan lebih bernafsu untuk mencetak gol. Angel Di Maria sukses menyarangkan bola ke dalam gawang United dengan mengecoh De Gea pada menit ke-56.

Namun wasit menganulir gol tersebut karena legiun Argentina itu terlanjur berada dalam posisi offside ketika menerima umpan kiriman Mbappe.

Pada menit ke-84 harapan United untuk bisa lolos ke perempat final hampir terkubur ketika Bernat menyambar bola liar, akan tetapi kali ini tiang gawang menyelamatkan Setan Merah.

PSG yang sudah satu kaki menjejak babak perempat final tiba-tiba ditarik keluar oleh Dewi Fortuna, saat wasit Damir Skomina memutuskan untuk melihat tayangan ulang dari teknologi VAR terkait insiden tendangan Diogo Dalot yang dihalau Presnel Kimpembe di dalam kotak penalti.

Skomina lantas menunjuk titik putih karena menilai Kimpembe menyentuh bola dengan tangan, memberikan kesempatan emas bagi United untuk memastikan kemenangan dan satu tiket ke perempat final.

Rashford yang menjadi algojo dengan tenang melepaskan tendangan keras ke sudut atas gawang, menaklukkan Buffon dan membawa United unggul 3-1.

Drama masih berlanjut ketika Di Maria melepaskan umpan silang ke dalam kotak penalti dan Marquinhos terjatuh di dalam prosesnya, namun kali ini Skomina mengabaikan permintaan penalti dari para pemain PSG.

Tak ada penalti bagi PSG, tidak juga tiket perempat final, yang akhirnya direbut dan dibawa pulang oleh United.

Susunan pemain:

Paris Saint-Germain (4-4-1-1): Gianluigi Buffon; Thilo Kehrer (Leandro Paredes), Thiago Silva, Presnel Kimpembe, Juan Bernat; Dani Alves (Edinson Cavani), Marquinhos, Marco Verratti, Angel Di Maria; Julian Draxler (Thomas Meunier); Kylian Mbappe
Pelatih: Thomas Tuchel

Manchester United (5-3-2): David de Gea; Ashley Young (Mason Greenwood), Chris Smalling, Eric Bailly (Diogo Dalot), Victor Lindelof, Luke Shaw; Fred, Scott McTominay, Andreas Pereira (Tahith Chong); Romelu Lukaku, Marcus Rashford
Pelatih: Ole Gunnar Solskjaer