Jawa Barat - Bisnis.com
Minggu, 20 Januari 2019

Erdogan Undang Donald Trump Kunjungi Turki

Ajijah Rabu, 26/12/2018 11:10 WIB
Erdogan Undang Donald Trump Kunjungi Turki
Erdogan dan istri
Reuters

Bisnis.com, WASHINGTON - Presiden Turki Tayyip Erdogan telah mengundang Presiden Amerika Serikat Donald Trump berkunjung ke Turki tahun 2019, kata juru bicara Gedung Putih Senin (24/12).

"Sementara waktu (kunjungan) belum direncanakan, terbuka waktu bagi Presiden untuk adakan pertemuan di masa depan," kata Hogan Gidley, juru bicara Gedung Putih dalam satu pernyataan.

Konflik di Suriah menyusul pengumuman Trump mengenai penarikan tentara AS dari Suriah, pembunuhan wartawan Saudi yang berkedudukan di AS, Jamal Kashoggi, di Konsulat Saudi di Istanbul, dan tuntutan Turki bagi ekstradisi seorang ulama dari AS termasuk di antara isu-isu utama yang mengganggu hubungan kedua sekutu NATO itu.

Kepresiden Turki mengatakan Trump dan Erdogan sepakat dalam pembicaraan melalui telepon pada Ahad untuk berkoordinasi mencegah kevakuman otoritas sementara AS menarik tentaranya dari Suriah. Erdogan menyambut baik keputusan mendadak Trump itu pekan lalu, yang telah membalikkan kebijakan AS di kawasan dan akan meniadakan sumber gesekan antara kedua negara itu.

Washington telah mendukung pejuang YPG Kurdi Suriah sementara Turki menyebut kelompok itu organisasi teroris.