Jawa Barat - Bisnis.com
Minggu, 20 Januari 2019

Trump Akan Campur Tangan Terkait Kasus Penahanan Bos Huawei

Newswire Rabu, 12/12/2018 11:03 WIB
Trump akan Campur Tangan Terkait Kasus Penahanan Bos Huawei
Direktur Keuangan Huawei Meng Wanzhou
Reuters

Bisnis.com, WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengatakan pada Selasa dia akan campur tangan menengahi kasus Departemen Kehakiman melawan bos Huawei jika hal itu menyangkut kepentingan keamanan nasional atau membantu menutup kesepakatan perdagangan dengan China.

Direktur Keuangan Huawei Meng Wanzhou ditangkap di Kanada 1 Desember lalu dan dituduh oleh AS atas transkasi bank multinasional menyesatkan yang terkait dengan Iran.

Ketika ditanya apakah Trump akan campur tangan dengan Departemen Kehakiman dalam kasusnya, Trump mengatakan dalam sebuah wawancara dengan Reuters: "Apa pun yang baik untuk negara ini, saya akan melakukannya," disiarkan CNBC, Rabu.

"Jika saya pikir itu baik untuk apa yang akan menjadi kesepakatan perdagangan terbesar yang pernah dibuat - yang merupakan hal yang sangat penting - apa yang baik untuk keamanan nasional - saya pasti akan campur tangan jika saya pikir itu perlu," kata Trump.

Pengadilan Kanada pada hari Selasa memberikan jaminan pada Meng sementara dia menunggu sidang untuk ekstradisi ke Amerika Serikat, sebuah langkah yang dapat membantu menenangkan para pejabat China yang marah karena penangkapannya.

Trump juga mengatakan Gedung Putih telah berbicara dengan Departemen Kehakiman tentang kasus tersebut, serta para pejabat China.