Jawa Barat - Bisnis.com
Selasa, 18 Desember 2018

Bentuk Badan Otorita Bandung Raya, Ridwan Kamil Tugaskan Sekda Ke Amerika

Wisnu Wage Kamis, 06/12/2018 18:57 WIB
Bentuk Badan Otorita Bandung Raya, Ridwan Kamil Tugaskan Sekda ke Amerika
Ridwan Kamil

Bisnis.com, BANDUNG--Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan membentuk badan otorita yang rencananya akan mengelola Bandung Raya.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan pihaknya kan mencontoh pemerintahan regional Metro Portland Oregon di Amerika Serikat untuk membentuk pemerintahan yang membawahi kawasan Bandung Raya atau kawasan cekungan Bandung.

"Pak Sekda sedang di Amerika untuk meng-copy sebuah pemerintahan regional, namanya Metro Portland. Dari seluruh dunia, itu yang terbaik," katanya di Gedung Sate, Bandung, Kamis (6/12/2018).

Pihaknya memerintahkan Sekda Jabar untuk meneliti sejumlah hal tentang Metro Portland, mulai dari bentuk organisasi, kewenangan, dan penganggarannya. Rencananya masukan dari sana akan diterapkan dengan membentuk pemerintahan atau badan otoritas yang membawahi Bandung Raya.

Pemerintah akan menata cekungan Bandung atau Bandung Raya yang meliputi Kota Bandung, Cimahi, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, dan Kabupaten Sumedang, sesuai Perpres nomor 45 tahun 2018 tentang Rencana Tata Ruang dan Rencana Wilayah Cekungan Bandung. Karenanya, dibutuhkan instansi tersendiri untuk Bandung Raya.

"Di Perpres tidak menyebutkan secara detail, memberikan kepada kita untuk membentuk pemerintahannya secara inovatif," katanya.